Selasa, 10 Des 2019 09:39 WIB

Makin Banyak Motor Kustom Pabrikan, Modifikator Tersaingi?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Saat ini mulai banyak pabrikan yang membuat motor dengan gaya klasik ala-ala motor kustom. Contoh seperti Kawasaki yang punya W175 series, atau seperti yang baru diluncurkan Yamaha XSR155.

Dengan adanya pilihan motor bergaya kustom yang hadir langsung dari pabrikan, tentunya konsumen makin mudah untuk memiliki tunggangan motor klasik. Artinya tidak perlu susah-susah pergi ke bengkel untuk memodifikasi motornya.


Kawasaki W175 TR. Kawasaki W175 TR. Foto: Rizki Pratama


Bagaimana modifikator memandang hal ini? Dijelaskan Yoes, pemilik Insan Motor Bekasi, apa yang dilakukan pabrikan dengan membuat model klasik justru membuat bengkel dan modifikator untung.

"Banyak sisi positifnya kok. Karena kan tahu sendiri, pemilik motor di Indonesia itu gatel, kalau motornya punya tampilan standar," bilang Yoes kepada detikcom.

Makin Banyak Motor Kustom Pabrikan, Modifikator Tersaingi?Foto: Rifkianto Nugroho


Menurut Yoes, masih banyak celah untuk membuat part modifikasi atau kustomnya sekalipun motor itu sudah punya 'tongkrongan' klasik.



"Jadi kita sebagai bengkel bisa menyediakan aksesori kayak jok, side cover, atau tangki," terang Yoes.

Dan memang terbukti, kehadiran model-model motor bergenre neo klasik justru memberi peluang baru bagi bengkel-bengkel modifikasi untuk berkreasi.

Termasuk juga bengkel Insan Motor, yang membuat paket aksesori untuk Kawasaki W175. Seperti sepatbor depan dan belakang, jok, knalpot, spion, lampu sein, bahkan hingga ban.

Simak Video "Aksi Free Style Komunitas Motor Klasik, Bintan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com