Jumat, 22 Nov 2019 13:18 WIB

Seberapa Penting Rem ABS untuk Motor?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor dengan rem ABS. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Global New Car Assesment Program (Global NCAP) menyarankan Indonesia untuk mewajibkan penggunaan Anti-Lock Braking System (ABS) pada sepeda motor. Hal itu disampaikan dalam kampanye #StopTheCrash yang diadakan di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park di Bali.

Seperti diketahui, masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas. Namun, kecelakaan yang melibatkan sepeda motor masih terbilang tinggi. Untuk itu, Indonesia disarankan untuk mewajibkan penggunaan sistem ABS pada sepeda motor. Seberapa penting rem ABS untuk motor?



"Jika ditanya seberapa penting tentunya sangat penting ya karena tuntutan kemajuan zaman yang sudah modern, juga dari sisi teknologi," kata instruktur safety riding RDL, Andry Berlianto, kepada detikcom, Jumat (22/11/2019).



Andry melanjutkan, ABS sendiri adalah teknologi yang memungkinkan roda tidak terkunci saat terjadi pengereman darurat ketika pengendara menekan habis tuas remnya. Dengan roda yang tidak terkunci, motor tetap bisa dikendalikan, jadi pengendara bisa menghindari tabrakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com