Sabtu, 12 Okt 2019 08:01 WIB

Knalpot Aprilia Nyelip di Bawah Jok, Bikin Panas Boncenger Nggak Tuh?

Luthfi Anshori - detikOto
Knalpot Aprilia Shiver 900 Foto: Piaggio Indonesia Knalpot Aprilia Shiver 900 Foto: Piaggio Indonesia
Jakarta - PT Piaggio Indonesia baru saja merilis moge anyar Aprilia Shiver 900 di Indonesia. Secara desain, motor ini mengusung tampilan pure naked bike atau bisa disebut juga beraliran streetfighter.

Aprilia Shiver 900 memiliki desain cukup gahar. Area depannya sudah dibekali suspensi upside down berwarna hitam. Dari area tangki hingga ke jok belakang, desainnya cukup mengalir. Desain joknya menyatu.

Salah satu yang mencuri perhatian dari Shiver 900 adalah desain dua knalpotnya yang tepat berada di bawah lampu belakang dan jok pembonceng. Desain ini pula yang membuat area buritan Shiver 900 tampak lebih padat dan membuat area footstep bersih.



"Kenapa desain knalpotnya seperti ini, saya bisa bilang desain indahnya memang seperti ini. Jadi knalpot disembunyikan di bawah jok (undertail exhaust)," kata Technical Trainer Manager PT Piaggio Indonesia, Yudi Riswanto, di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2019).

Knalpot ApriliaKnalpot Aprilia Foto: Luthfi Anshori


Tapi dengan posisi knalpot di bawah jok tersebut, apakah nantinya tidak akan membuat pembonceng kepanasan?

"Nggak kok, karena kedua knalpot itu sudah diselimuti material plastik high temperature. Jadi nggak akan membuat pinggiran knalpot panas. Coba aja pegang," lanjut Yudi.

Dan benar saja, ketika detikcom mencoba meraba area pinggir knalpot Shiver 900 tersebut saat mesin dinyalakan, tidak terasa panas sama sekali. Bahkan hawa panasnya juga tidak ada.

Namun perlindungan material plastik high temperature tersebut hanya ada di pinggirnya saja ya. Sedang untuk material di ujung lubang exhaust-nya tidak mendapat lapisan material tersebut.



Simak Video "Adu Ganteng Mobil Modifikasi IAM di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com