Selasa, 08 Okt 2019 09:19 WIB

Petani Ini Sulap Ontel Jadi Sepeda Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Era elektrifikasi kendaraan bermotor menjangkit beberapa kalangan. Tak terkecuali dari kalangan petani.

Dilip Mohapatra, seorang petani dari India sebenarnya tak punya pengalaman otomotif apalagi pengetahuan teknis yang lebih mendalam. Namun, dia berhasil mengubah sepeda ontelnya menjadi sepeda listrik.

Diberitakan Rushlane, petani ini sukses membuat sepeda listrik dengan biaya yang lebih murah. Sepeda yang dioperasikan dengan baterai ramah lingkungan itu dikembangkan hanya dengan biaya 10.000-15.000 rupee (Rp 1,9 juta-Rp 2,9 juta).



Mohapatra telah mengembangkan motor ini dengan uangnya sendiri. Dia mengklaim sepeda listrik ini tidak menimbulkan polusi suara maupun udara.

Sepeda ontel bertenaga listrik buatannya ini bisa melaju hingga 30 km/jam tanpa bahan bakar fosil. Dengan sekali ngecas selama 4-5 jam, sepeda ini bisa melaju hingga 80 km/jam.



Sepeda listriknya dilengkapi dengan dua baterai 12 volt dan motor 35 watt yang ia beli dari sebuah toko di Delhi. Motor itu memiliki akselerator, pengontrol untuk mengatur kecepatan dan terdapat lampu depan LED untuk penerangan sepeda.

Alasan Mohapatra membuat sepeda listrik ini cukup unik. Dia ingin membantu orang tuanya juga. Mengingat usia orang tuanya tak lagi muda, ia ingin membantunya agar tidak kesulitan bersepeda.

Simak Video "Tes Performa Motor Listrik yang Bisa Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com