Rabu, 25 Sep 2019 17:53 WIB

Rangka Motor Rusak Akibat Kerusuhan? Proses Gantinya Rumit

Rizki Pratama - detikOto
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Jakarta - Aksi anarkisme saat demo biasanya memakan korban kendaraan sebagai sasaran amukan. Seperti pada aksi demo penolakan revisi RKUHP di depan Gedung DPR RI, sejumlah motor berbaring di pinggir jalan. Tidak dapat diidentifikasikan secara rinci apa saja yang dialami setiap motor. Paling tidak jika sudah jatuh seperti itu sudah pasti motor mengalami kerusakan.



Kalau bagian rangkanya sudah rusak maka akan sulit memperbaikinya. Perbaikan pun sangat jarang diwadahi oleh bengkel resmi.

"Di Honda sendiri punya kerjasama perbaikan rangka dan press jadi kita minta bantuan bengkel ahli rangka sendiri," kata Instruktur Training Wahana Honda, Wahyu Budhi saat dihubungi detikcom, Rabu (25/9 2019).

Wahyu mengatakan bahwa kebanyakan kasus perbaikan rangka umum diserahkan ke bengkel umum karena lebih cepat dan murah. "Biasa menggunakan jasa body repair karena lebih murah dan selesai lebih cepat bisa 1-2 hari," ungkapnya.

Solusi lain masalah rangka mengalami kerusakan adalah menggantinya. Namun penggantian ini prosesnya sangatlah banyak dan rumit. Mulai dari pemesanan tentu akan membutuhkan waktu, belum lagi penggantian rangka harus memberikan laporan pada pihak kepolisian lalu lintas.

"Prosesnya harus ada laporan kepolisian dan harus pesan dulu. Proses ke Astra Honda Motor dan rangka ditinggal dan nomor rangka dikembaikan ke AHM. Kita tetap membawa potongan nomor rangka yang asli. Kemudian bawa BPKB, STNK surat keterangan dari kepolisian ke bengkel baru bisa dapat rangka," papar Wahyu.

Penggantian rangka yang rumit itu pun menelan biaya yang relatif serupa dengan biaya perbaikan di bengkel umum spesialis rangka. "Sebenarnya biasa (harga) rangka sama dengan pengepresan paling mahal sekitar Rp 800 ribuan," tukasnya.

Simak Video "Kembali Berunjuk Rasa, Mahasiswa Tagih Janji Jokowi Keluarkan Perppu"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com