Rabu, 11 Sep 2019 12:08 WIB

Jika Laris, Rangka Honda Genio Bakal Dipakai ke Motor Baru Honda

Rizki Pratama - detikOto
Foto: PT Astra Honda Motor Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta - Motor matik Honda terbaru, Genio membawa sebuah penemuan baru dalam pembuatan rangka. Disebut dengan enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) produksi frame baru dari material lempengan besi ini dilakukan di Pabrik AHM di kawasan MM2100 Cikarang, Jawa Barat.

Rangka ini dikembangkan setidaknya memakan waktu lebih dari setahun lengkap dengan pembangunan fasilitas pabriknya. Tentunya dengan membangun sebuah fasilitas seperti itu tak menutup kemungkinan model terbaru yang akan diproduksi mengadopsi rangka tersebut.

Meski begitu GM Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi belum memastikan apakah hal tersebut akan terjadi nanti.



"Genio ini kan belum tahu juga (respon pasar) bisa iya atau nggak (rangka ini digunakan ke model lain). Kalau hasilnya bagus kita lihat dulu," ujar Dodi.

Jika Laris, Rangka Honda Genio Bakal Dipakai ke Motor Baru HondaFoto: dok AHM


Selain itu teknologi dan metode baru pembuatan rangka kendaraan ini perlu dipahami lebih lanjut oleh para ahli. Metode ini menggunakan proses las laser sedangkan material rangka dari lembaran besi atau disebut steel plate.



"Karena proses laser welding dan orang kita mesti banyak belajar. Kalau sudah menguasai teknologinya dan oke baru kita pikirkan ke depannya seperti apa," kata Dodi.

Teknologi eSAF Honda yang diimplementasikan pertama di Indonesia membuat Honda Genio lebih ringan. Rangkanya dikatakan hanya berbobot 11 kg yang mana lebih ringan dari rangka Honda Beat 15kg.

Terobosan rangka baru buatan Indonesia ini bahkan dilirik oleh negara tetangga. Disebutkan Dodi, Thailand dan Vietnam sudah mulai mempelajari proses pembuatan rangka ini.

"Di Thailand dan Vietnam itu sudah belajar ke kita bagaimana melakukan proses produksi ini karena ini tantangan baru di factory dimana frame menggunakan steel plate," pungkas Dodi.

Simak Video "Kenalkan Honda Genio, Skutik Casual Fashionable Bermesin 110cc"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com