Minggu, 01 Sep 2019 18:17 WIB

Meski Tua dan Karatan, Onderdil Motor Ini Laku Dijual

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama/detikcom
Jakarta - Bazar otomotif tak selamanya menyediakan produk baru. Bahkan komponen bekas berusia puluhan tahun yang berkarat pun masih menjadi incaran para pencinta otomotif.

Salah seorang pelapak di Otobursa Tumplek Blek Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, mengatakan bahwa bisnis tersebut masih menjanjikan. Meski barang dagangannya tua dan langka, harga yang ditawarkan cukup menggiurkan.

Meski Tua dan Karatan, Onderdil Motor Ini Laku DijualFoto: Rizki Pratama/detikcom


"Paling murah itu ada seperti spakbor mulai dari Rp 25 ribu. Kalau yang mahal paling Rp 1,2 juta untuk tromol motor," ungkap Gaday, yang menjajakan produknya di lapak bernama Gaday Leher di Otobursa Tumplek Blek, Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (1/9/2019).



Gaday sendiri sudah merintis usaha ini selama 12 tahun dan berbasis di Bandung, Jawa Barat. Kebanyakan komponen motor yang ia jual adalah komponen dari motor Honda jadul seperti C70 sampai Astrea Grand.

Meski Tua dan Karatan, Komponen Motor Ini Laku DijualFoto: Rizki Pratama/detikcom


"Kebanyakan asli copotan motor Jepang, Honda. Spesialisasinya emang motor Honda dari C70 sampai Grand," tutur Gaday.

Konsumen lapak Gaday biasanya mencari produk untuk kebutuhan restorasi. Bahkan ia pun menyediakan jasa restorasi motor-motor Honda jadul.



"Biasanya buat kustom dan restorasi, tapi kebanyakan restorasi. Barangnya komplet semua dan untuk jasa restorasi sampai cat itu Rp 2,5 juta. Kalau sampai jadi semua tergantung komponen yang dibutuhkan atau sesuai kebutuhan pembeli," papar Gaday.

Untuk barang-barang itu semua biasanya didapatkan Gaday dari jual beli online atau hasil bertemu dengan para komunitas motor. Selain barang-barang lawas, Gaday pun juga menyediakan komponen baru untuk modifikasi motor Honda jadul.

Simak Video "Pameran Motor Tua Eropa, Pematang Siantar"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com