Rabu, 28 Agu 2019 18:50 WIB

Baterai Swap Motor Listrik Bakal Tersedia di Alfamart

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta -

Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan New Energy and Industrial Development Organization (NEDO) Jepang dan perguruan tinggi Indonesia dalam melakukan demonstrasi kendaraan listrik sekaligus sosialisasinya pada masyarakat.

Demonstrasi ini menggunakan 300 unit Honda PCX Electric dengan ketersediaan 1.000 unit pak baterai. 300 unit motor listrik ini akan berbagi baterai satu dengan lainnya dengan sistem baterai swap yang tersedia di 40 titik penggantian. Program ini menjalin kerjasama dengan Alfamart sebagai mitra penyedia penggantian baterai yang terisi penuh menggunakan Honda Mobile Power Pack.

"Penggantian baterai ini tersedia di Alfamart, kami akan melihat bagaimana ke depannya nanti," ujar Vice President Director PT Honda Power Pack (HPP) Energy Indonesia, Yusuke Goto dalam acara The Demonstration Project to Increase Energy Efficiency Through Utilization of Electric Vehicle and Mobile Battery Sharing di Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2019).

Ilustrasi Motor ListrikIlustrasi Motor Listrik Foto: Pradita Utama

Untuk saat ini demonstrasi yang juga sekaligus studi ini diselenggarakan di dua kota, yakni Bandung, Jawa Barat dan Denpasar, Bali. Kota Bandung mendapatkan 30 titik penggantian baterai sementara Bali mendapat 10.

"Bandung dipilih karena geografisnya yang berbukit, sedangkan Bali sekaligus mensosialisasikannya pada wisatawan," jelas Ahli Teknik Ketenagalistrikan ITB, Agus Purwadi dalam kesempatan yang sama.

Dari demonstrasi ini diharapkan dapat menghasilkan gambaran tentang bagaimana implementasi model bisnis baru di ekosistem kendaraan listrik bersistem baterai swaping.

"Kita memulai sosialisasi, makanya ada 300 unit (Motor Listrik) 1.000 baterai. Nanti bisa diilihat bisnis model ini siapa yang memiliki seperti apakah tabung gas nanti dilihat dari rekomendasi studi ini sendiri," tambah Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Harjanto.



Simak Video "Uniknya Motor Listrik, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com