Minggu, 18 Agu 2019 09:19 WIB

5 Motor Keren Tunggangan Elvis Presley

Rizki Pratama - detikOto
Foto: rideapart.com Foto: rideapart.com
Jakarta - Raja Rock n Roll Elvis Presley selain memiliki penampilan yang keren ternyata juga punya selera motor yang tinggi. Ia pun memiliki sejumlah koleksi motor mulai dari merek Amerika hingga Jepang.

Sedikit cerita mengenai Elvis dan motor pria ini ternyata selalu membeli beberapa motor yang mereknya sama. Tujuannya adalah sebagai cadangan atau meminjamkannya kepada teman untuk riding bersama.

Saat ini motor-motor peninggalannya yang masih ada disimpan di Museum Elvis. Di museum itu anda dapat melihat berbagai koleksi motor dan mobil Elvis bahkan pesawat pribadinya. Jika anda tak berkesempatan mengunjunginya paling tidak ini beberapa motor yang cukup dekat dengan keseharian Elvis.



Pertama adalah Harley-Davidson KH tahun 1956. Ini adalah motor yang ia beli sebelum merengkuh status sebagai musisi pemula yang berkeliling dari tempat ke tempat. Uang hasil jerih payahnya itu pun ia habiskan untuk membeli motor tersebut.

Harley-Davidson bergaya sportster itu mendapatkan suplai tenaga dari mesin flathead mill 883cc. Motor itu juga dimodifikasi oleh Elvis dengan menambahkan windscreen dan modifikasi joknya.

Motor kedua ia beli setahun berselang tepatnya pada tahun 1957. Masih dari merek Harley-Davidson kali ini pilihan Elvis adalah model terbaru saat itu, yakni Harley-Davidosn 1957 FLH Hydra-Glide.

Keinginannya berganti motor itu pun seiring dengan berubahnya gaya berkendaranya yang lebih menyukai motor cruiser dibanding berbentuk sportster saat itu. Sejak itu pun ia selalu membeli motor berjenis cruiser dan memiliki beberapa koleksi dibanding motor bergaya sportster.





Setelah dua motor sebelumnya buatan negeri Paman Sam, kali ini motor Jepang, yaitu Honda dilirik oleh Elvis. Motor Honda yang sempat menjadi mainan Elvis itu adalah Honda CA77 Dream.

Ketertarikannya terhadap motor Honda muncul saat melakoni film Viva Las Vegas di mana ia banyak menemui pengguna motor Honda di sana. Ia pun langsung membeli dua motor, satunya diberikan untuk sang kekasih.

Ketertarikannya terhadap Honda ini membuat citra pria Harley-Davidson luntur. Bahkan ada cerita yang beredar bahwa ia membeli satu truk bermuatan motor Honda ini saat pertama kali diimpor ke Amerika Serikat. Tujuannya supaya ia bersama teman-teman dapat riding bersama motor itu.





Kendati sempat memiliki Honda, kecintaan Elvis terhadap Harley-Davidson tak pudar. Pada tahun 1966 ia kembali membeli motor berlogo elang tersebut, yaitu model FLH Chopper.

Pemilihan motor tersebut dikarenakan ia pindah rumah dan jalanan sekitar dirasa lebih enak dilalui dengan motor bergaya chopper. Selain itu, tren motor bergaya choper pada tahun 60-70-an tersebut tengah melanda Amerika Serikat.

Terakhir koleksi motor Elvis yang berbeda dari lainnya adalah sebuah trike atau motor beroda tiga. Seiring bertambah tua usianya selera motornya menjadi semakin aneh. Motor tersebut adalah Super Cycle Stallion Trike buatan VW.

Motor ini memiliki kapasitas dua penumpang dengan batok lampu depan yang cukup nyentrik. VW Beetle mewariskan pendingin udara dan penggerak roda belakangnya pada motor ini.

Simak Video "Selain Harley, Ferrari di Lambung Garuda Minta Diusut"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com