Rabu, 07 Agu 2019 08:59 WIB

Jelajah Dunia Pakai Motor Baru di Setiap Negara

Luthfi Anshori - detikOto
Alex Chacon, Penjelajah Dunia di Atas Motor. Foto: instagram Alex Chacon Alex Chacon, Penjelajah Dunia di Atas Motor. Foto: instagram Alex Chacon
Jakarta - Touring lintas negara yang dilakukan para penjelajah dunia biasanya selalu menggunakan satu merek motor yang sama. Misalnya Jeffrey Polnaja, yang keliling dunia menggunakan BMW R1150 GS. Dengan memakai satu motor saja, maka pengendaranya akan lebih berkesan dan memaknai perjalanan.

Jelajah Dunia Pakai Motor Baru di Setiap NegaraFoto: instagram Alex Chacon


Tapi hal itu tidak berlaku oleh penjelajah dunia asal Amerika Serikat, Alex Chacon. Alih-alih menggunakan satu merek motor yang sama, pria yang berhasil menempuh perjalanan lebih 200.000 km di 50 negara ini justru kerap mengganti motornya di setiap negara yang baru ia singgahi. Kenapa?



Menurut Alex, dengan mengganti motor setiap melewati perbatasan negara, maka hal itu akan membuat pengeluaran biaya semakin efektif.

"Dengan menggunakan motor baru saya jadi bebas mengeluarkan biaya pengiriman. Saya bisa menyewa motor, membeli motor di negara tersebut dan lantas menjual motor tersebut jika sudah selesai dipakai," terang Alex pada acara Indonesia International Outdoor Festival di Jakarta Selatan, akhir pekan kemarin.

Dalam portfolionya, pria lulusan Universitas Texas itu setidaknya sudah berganti enam motor di sejumlah negara yang menjadi rute touring-nya.



Saat melakukan perjalanan di Amerika Utara dan Selatan, ia membesut Kawasaki KLR650, lalu saat melintasi Maroko ia mengendarai Honda C90. Dan kala sampai di Timur Tengah dan India, Alex memilih Royal Enfield dan di Oman ia membawa KTM 990, Nepal dengan Bajaj Pulsar 200cc, serta di Islandia dengan BMW 800GS.

Jelajah Dunia Pakai Motor Baru di Setiap NegaraFoto: instagram Alex Chacon


Soal rencana ke depannya, Alex mengatakan berminat menjelajahi bentang alam Indonesia.

"Saya punya rencana untuk berkendara motor, di beberapa pulau di Indonesia. Saya dengar, pulau-pulau di Indonesia banyak memiliki pantai bagus dan itu benar-benar memicu saya untuk menjelajahinya," kata Alex.

Jelajah Dunia Pakai Motor Baru di Setiap Negara


Simak Video "Bijak Mengendarai Skuter Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com