Sabtu, 03 Agu 2019 19:03 WIB

Warga Belitung Diajak Uji Irit Motor Lexi di Pantai Tanjung Pendam

Akfa Nasrulhaq - detikOto
Foto: Akfa Nasrulhaq/Detik.com
Tanjung Pandan - Meramaikan kegiatan Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) 2019, warga Belitung ramai-ramai menguji konsumsi bahan bakar salah satu motor Yamaha. Kali ini pengunjung BYMS diajak untuk menguji skutik maxi yaitu Yamaha Lexi.

"Di sini kita akan lihat di alat dengan cara pengukurannya lewat putaran roda. Pengukuran ini dilakukan secara real dengan menggunakan alat," jelas Instruktur Mekanik Yamaha Motor Belitung, Ahmad Jaelani di sesi demo irit BYMS Belitung, Sabtu (3/8/2019).

"Jadi ini untuk membuktikan motor ini irit, apalagi adanya teknologi Blue Core, kalau dulu kan carburator, " tambahnya.

Motor ini diklaim sebagai motor paling irit di kelasnya karena kecanggihan teknologi yang sudah diadopsi, yakni Blue Core. Menggunakan alat pengukur Fuel Consumption Tester yang terhubung ke tangki bahan bakar, Yamaha Lexi ternyata bisa menempuh jarak hingga hingga 54,5 km setiap liternya dengan tarikan gas pada eco riding atau stabil.


"Kita akan gunakan untuk jarak 1 km. Nah ini yang berkurang sekitar 14 ml. Coba tebak berapa km jika dihitung dalam 1 liter nya? " tanya instruktur.

"Kalau kita lihat skala rumus, jadi bisa dilihat di layar ya. Nah hasilnya adalah 54,5 km, " sambungnya.

Salah satu pengunjung, Andreas (48) mengakui bahwa memang saat ini motor Yamaha semakin irit. Apalagi sehari-harinya ia menggunakan motor Aerox tahun 2018 untuk aktivitas sehari-hari.

"Yamaha emang luar biasa, saya sehari-hari pakai Aerox sama Mio M3, biasanya saya kalau ngisi full tank itu bisa satu minggu. Jaraknya nggak ya pokoknya buat keliling gitu, tapi saya akui bagus, " ujarnya.

"Sebelumnya saya juga pakai Mio Soul GT, itu bisa sampai 60 km pernah liter nya, " tambahnya.



Simak Video "Meriah! Panggung Terakhir BYMS 2019 di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(idr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com