Jumat, 02 Agu 2019 11:45 WIB

Derita Ojol saat Mangkal di Pinggir Jalan

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi Foto: Rifkianto Nugroho Ilustrasi Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Pengguna kendaraan mungkin sudah seringkali kesal melihat kebiasaan ojek online berhenti sembarangan di pinggir jalan. Meskipun beralasan demi mencari sesuap nasi, hal tersebut tetaplah dianggap melanggar aturan dan mengganggu ketertiban lalu lintas.



Mereka pun menyadari bahwa apa yang dilakukan itu salah. Selain memang alasan pekerjaan ternyata ada faktor lain yang membuat kebiasaan buruk ini mendarah daging.

"Kalau gini (mangkal di pinggir jalan) karena ada teman di sini ngumpul, ngopi, ngerokok, santai," ujar salah seorang pengemudi ojek online, Ridwan saat ditemui detikcom, di pinggiran jalan Plaza Senayan, Jakarta Selatan.

Ilustrasi Ojol Ilustrasi Ojol Foto: Rifkianto Nugroho


Berdasarkan pengalamannya, Ridwan mengaku tidak pernah ditindak oleh petugas lalu lintas setempat. Ia mengatakan selama para ojol parkir dan rapi biasanya polisi tidak mempermasalahkan.

"Jarang juga dimarahin polisi yang penting rapi. Polisi mah ga apa apa ngerti lah. Pernah dimarahin tapi akhir akhir ini udah jarang.

Berbeda nasib dengan Ridwan, Ikhsan yang berprofesi sama justru pernah mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan. Ia bercerita tak jarang polisi melempar helm motor yang parkir hingga menendang motornya.



"Ada yang bolehin ada yang ngga bolehin jadi bentrok. Helm pada dilemparin sama polisi," ungkap Ikhsan

"Saya pernah kena tilang dulu sering, sekarang dibatasi ngga boleh di bawah tanda dilarang parkir dan pindah ke halte semua. Kalau malam suka ditendangin sama polisi," lanjutnya.

Dari kisahnya tersebut, Ikhsan berharap fasilitas menunggu pengemudi ojol disediakan. Paling tidak fasiliyas tersebut dapat mewadahi kendaraan bermotor saat menunggu pesanan.

"Perlu banget (shelter) kalau di daerah sini kan (Plaza Senayan) ya misalnya kalau markir ada fasilitas buat anak-anak ojol sendiri dari perusahaan atau kerjasamanya," tukasnya.

Simak Video "Dear Pengguna Ojol, Ini Tarif Baru yang Berlaku Mulai September"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com