Jumat, 02 Agu 2019 08:39 WIB

Ojol Mangkal Sembarangan Bikin Jalanan Macet

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Ojek online (ojol) memang menyelesaikan masalah lapangan pekerjaan di Indonesia. Ojol juga kerap dibutuhkan masyarakat untuk sarana transportasi. Di sisi lain, keberadaan ojek online menimbulkan masalah baru di lalu lintas.

Jalanan kota besar yang sudah macet sering kali dibuat lebih macet diakibatkan banyaknya mitra ojek online yang mangkal di pinggiran jalan di pusat perbelanjaan, perkantoran dan stasiun.

Ojek online di pinggir jalan. Ojek online di pinggir jalan. Foto: Pradita Utama


Sayangnya kebiasaan ini tidak diedukasi dengan tegas oleh kepolisian ditambah lagi minimnya fasilitas khusus seperti shelter untuk ojek online.



"Saya usul (shelter) biar tertib juga jalanan jadi nggak macet, kita sebenarnya parkir di sini karena customer juga," ungkap Ikhsan, driver ojol yang sedang mangkal di tempat pemberhentian busway depan Plaza Senayan, Jakarta Selatan saat ditemui detikcom, Selasa (30/7/2019) kemarin.

Jalan Palmerah Macet Akibat Ojol dan Taksi. Jalan Palmerah Macet Akibat Ojol dan Taksi. Foto: Rifkianto Nugroho


Hal serupa juga disampaikan mitra ojol lainnya, Iwan. Kebiasaan berhenti menunggu pesanan ini sudah terjadi di berbagai titik seperti mall dan perkantoran. Selain itu banyak dari customer juga yang memesan layanan ojek online langsung di pinggir jalan.



"Di setiap stasiun, mall-mall banyak seperti ini. Alasannya juga terjangkau customer tinggal cari (motor driver ojol berdasarkan) pelat nomor," kata Iwan.

Lahan parkir yang disediakan pun tak menjadi solusi. Terlebih lagi untuk menjemput orderan, mitra ojek online merasa keberatan untuk membayar parkir hanya untuk masuk ke suatu tempat.

"Paling nggak kalau nggak ada shelter parkirannya digratisin. Minimal di bawah 10 menit gitu," usul Ikhsan.

Simak Video "Dear Pengguna Ojol, Ini Tarif Baru yang Berlaku Mulai September"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com