Kamis, 01 Agu 2019 11:39 WIB

Abang GoJek Sekarang Naik Honda PCX Listrik

Dina Rayanti - detikOto
Gojek kendarai PCX listrik Foto: dok. Instagram Gojek Gojek kendarai PCX listrik Foto: dok. Instagram Gojek
Jakarta - Astra telah mengucurkan dana sekitar Rp 2 triliun untuk Gojek pada Februari 2018. Dengan adanya kucuran dana tersebut maka memungkinkan kolaborasi antara Gojek dan perusahaan di bawah naungan Astra, termasuk Honda (Astra Honda Motor). Saat ini kolaborasi tersebut mulai terlihat.

Diunggah dalam akun instagram Gojek Indonesia, para mitra roda dua Gojek kini telah menggunakan PCX listrik untuk mengantar para penumpang. Hal ini dilakukan Gojek dalam rangka menjajaki efektivitas penggunaan motor listrik sebagai layanan transportasi masyarakat. Seperti diketahui di masa depan kendaraan-kendaraan yang dijual di Indonesia menuju era elektrifikasi.


"Ini dia motor listrik hasil kolaborasi Astra dengan Gojek! ⁣#PastiAdaJalan untuk mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Berangkat dari keinginan ini, Gojek kembali berkolaborasi dengan Astra untuk menjajaki efektivitas motor listrik sebagai pilihan layanan transportasi berbasis aplikasi. Kendaraan ini sedang diuji coba oleh beberapa mitra driver untuk melayani pelanggan. Hasil dari uji coba ini nantinya akan menjadi masukan untuk pengembangan ke tahap berikutnya," tulis akun instagram Gojekindonesia.

Gojek gunakan PCX listrikGojek gunakan PCX listrik Foto: dok. Instagram Gojek



Honda PCX listrik memang belum dijual untuk masyarakat umum. Motor berbasis baterai listrik sepenuhnya ini tak dijual dan disediakan untuk kepentingan tertentu serta disewakan.

"Sebagai tahap awal upaya kami secara gradual menghadirkan pengalaman berkendara dengan motor listrik bagi masyarakat, pertama-tama kami akan menjalankan skema bisnis berupa penyewaan kepada perusahaan untuk mendukung operasional bisnis secara keseluruhan," Executive Vice President Director AHM Johannes Loman saat peluncuran PCX Listrik Januari 2019.

Honda PCX ElectricHonda PCX Electric Foto: Pradita Utama


Hal itu dilakukan karena pihak AHM masih ingin mempelajari perilaku masyarakat Indonesia terhadap motor listrik dan responsnya. Hingga pada waktunya nanti, motor akan disajikan secara sempurna.

"Kami akan terus mempelajari dan menyesuaikan secara bertahap akan perkembangan motor listrik ini ke depannya," ucap Loman.


Gojek gunakan PCX ListrikGojek gunakan PCX Listrik Foto: dok. Instagram Gojek



Dibekali dengan dua baterai berukuran 50,4 Volt, Honda PCX Electric bisa digunakan sampai 69 kilometer. Namun itu bila kedua baterai masih terisi penuh dan kecepatan motor dijaga.

Hal tersebut berdasarkan hasil pengujian pabrikan yang menyebut bahwa dalam kecepatan konstan yakni 40 km/jam, PCX listrik bisa menempuh jarak hingga 69 km.

Simak Video "Tekan Pengeluaran Mitra Driver, Gojek Luncurkan Pojok Swadaya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com