Sabtu, 13 Jul 2019 15:59 WIB

Melihat Aksi Para Bikers Cilik Jajal Motor di BYMS Binjai

Muhammad Idris - detikOto
Foto: Muhammad Idris/detikcom Foto: Muhammad Idris/detikcom
Binjai - Terik panas yang menyengat di Lapangan Merdeka, Kota Binjai, tak lantas menyurutkan semangat anak-anak menjajal motor Yamaha PW50 di atas lintasan sirkuit mini seukuran setengah lapangan badminton. Belajar safety riding bagi anak-anak, jadi salah satu rangkaian acara yang bisa diikuti di Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) 2019 Binjai.

Di atas lintasan yang didesain menyerupai jalanan kota ini, anak-anak tampak serius berlenggak-lenggok mengendarai motor 50 cc sebagai salah satu pengenalan safety riding sejak dini, sementara sang orang tua sibuk mengabadikan momen di pinggir lintasan. Helm, jaket, dan sarung tangan wajib dipakai saat menjajal motor.

Tampak beberapa anak cukup mahir menggeber motornya. Mereka cukup cekatan mengerem dan menarik rem saat meliuk-liuk mendekati ujung tikungan. Sementara sebagian anak perempuan cenderung menarik gas dengan hati-hati, sehingga sang instruktur harus ikut mengejar mengikuti laju motor.

Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), Saiful, mengatakan pihaknya tak membatasi usia anak yang ingin mengendarai motor. Saat sang anak berada di atas tunggangan, seorang instruktur YRA akan menjelaskan bagaimana cara berkendara yang baik dan benar.

"Tujuannya agar anak sadar safety riding. Jadi dia diajarkan supaya bisa tahu rambu lalu lintas. Jadi anak kan kadang suka dibonceng orang tua, supaya anaknya bisa ingetin orang tuanya kalau naik motor misalnya nggak pakai helm," ujarnya ditemui di BYMS 2019 Binjai, Sabtu (13/7/2019).

Melihat Aksi Para Bikers Cilik Jajal Motor di BYMS BinjaiFoto: Muhammad Idris/detikcom

"Sebelumnya, kita ajari anak-anak cara mengerem yang benar. Selama si anak sudah mahir naik sepeda, biasanya pasti ahli, karena treknya kan kecil," tambahnya.

Sejauh ini, hingga tengah hari di hari pertama BYMS 2019 Binjai, antusiasme anak dan orang tua menjajal motor di YRA cukup tinggi. Pihaknya sendiri tidak membatasi jumlah anak yang tertarik mencoba.

"Syaratnya satu, asal ada orang tuanya. Mau berapa anak kita tidak membatasi. Kalau orang tua yang daftarin sekarang sudah 30. Kadang satu emak-emak kan bawa 2 sampai 3 anak, kakak sama adeknya," jelas Saiful.

Ada banyak hiburan untuk liburan keluarga seperti permainan pasar malam, jalan sehat, arena bermain anak, lomba mewarnai, pesta es krim, test ride, jalan sehat berhadiah, doorprize, dan beragam acara menarik lainnya secara gratis.

Melihat Aksi Para Bikers Cilik Jajal Motor di BYMS BinjaiFoto: Muhammad Idris/detikcom


Simak Video "Nella Kharisma Membius Warga Cilacap di BYMS"
[Gambas:Video 20detik]
(idr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed