Minggu, 07 Jul 2019 08:10 WIB

Alat Ini Bikin 'Helm Canggih' Bisa Ngobrol Tanpa Teriak di Jalan

Ridwan Arifin - detikOto
Intercom terpasang di bagian luar helm, biasanya dipasang di sebelah krii. Foto: Dok. Amanda Andono/Istimewa Intercom terpasang di bagian luar helm, biasanya dipasang di sebelah krii. Foto: Dok. Amanda Andono/Istimewa
Jakarta - Belum lama ini viral postingan seorang penumpang ojek online yang kagum karena fasilitas yang diberikan driver ojol. Penumpang tersebut diberikan helm yang bisa ngobrol tanpa harus teriak di tengah kebisingan jalan.

Helm telah diberikan peranti tambahan untuk kenyamanan kepada penumpangnya. Seorang driver memodifikasi perlengkapan berkendaranya untuk menunjang performa yang didapatkannya.



Adalah Darmawan Septian, demikian nama si abang ojol. Seperti dikutip dari detikinet komunikasi di helm driver dan penumpang itu didapatkannya dari YouTube. Alat komunikasi itu sebenarnya sudah umum di kalangan bikers.

Intercom, Alat Komunikasi Antar-pemotor yang dipasang di dalam helm. Intercom, Alat Komunikasi Antar-pemotor yang dipasang di dalam helm. Foto: Luthfi Anshori


Alat yang digunakan Darmawan sudah biasa digunakan para bikers untuk memudahkan komunikasi tanpa harus teriak-teriak di jalan. Alat itu ialah intercom yang saling terhubung dengan koneksi Bluetooth.

Dijelaskan Yusuf, salah satu penggawa SIAM Motor di Jl Raya Otista Raya, Jakarta Timur, intercom jadi perangkat yang cocok memenuhi kebutuhan bikers yang hobi riding jauh atau touring. Dipasang di bagian luar dan dalam helm, alat ini bisa menjalankan banyak fungsi. Mulai fungsi komunikasi, hingga fungsi multimedia seperti mendengarkan musik atau navigasi.



"Intercom itu harganya variatif ya, tergantung kebutuhan pembeli. Ada yang connect hanya untuk dua helm, ada juga yang sampai belasan helm. Memang saat ini sudah tidak booming seperti dulu, saat ini saya sudah tidak stock lagi," ujar Yusuf saat berbincang bersama detikcom.

Perangkat intercom dipasang di bagian luar helm. Sementara di dalam helm, tepatnya di telinga pemakai terdapat speaker di kanan-kiri, ditambah lagi terdapat microphone tepat di mulut pemakai helm. Hal ini semakin memudahkan pengendara atau penumpang untuk saling berkomunikasi. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed