ADVERTISEMENT
Jumat, 05 Jul 2019 20:31 WIB

Tips Memilih Jaket Motor Harian yang Tepat

Ridwan Arifin - detikOto
ilustrasi jaket naik motor Foto: Luthfi Anshori ilustrasi jaket naik motor Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Salah satu peranti keamanan yang melekat pada tubuh saat berkendara adalah jaket. Tidak hanya menghindari paparan langsung matahari dan angin, tapi juga melindungi badan dari insiden kecelakaan.

Lalu seperti apa ya kriteria pemilihan jaket yang cocok untuk berkendara sehari-hari, atau touring?



Menurut Yana dari Contin Jaket di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dalam memilih jaket sehari-hari biasanya bisa dipilih dari material yang digunakan.

"Pemilihan jaket biasanya tergantung untuk harian atau touring jarak jauh. Harian biasanya yang ringan-ringan, bahannya dari toesland. Merk dari kami Provoke dan suave, karena bahannya lebih ringan," ujar Yana saat berbincang bersama detikcom, Jumat (05/07/2019).

Ia menjelaskan, selain bahannya yang ringan, lapisan di dalamnya juga harus nyaman yang umumnya menggunakan bahan dari polyster mesh.

Lebih lanjut, memiliki jaket harian juga sebaiknya memilliki opsi water resistant dan wind proof. "Untuk menjaga tetap kering saat hujan ringan, dan terlindungi dari terpaan angin," ujarnya.



Kemudian bagi detikers yang sering menempuh perjalanan panjang hingga berpuluh-puluh kilometer dalam sehari disarankan agar memilih jaket yang memiliki opsi protector.

"Bobotnya yang ringan, ventilasi maksimal, namun tetap mengedepankan unsur keamanan karena dilengkapi armor protector pada pundak, siku dan punggung," ujar Yana.

Tak kalah penting, visibilitas bekendara malam hari juga menjadi perhatian. Ia menyarankan agar memilih warna yang cerah seperi merah atau oranye, agar saat tersorot lampu bisa terlihat dengan jelas. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com