Sabtu, 22 Jun 2019 15:06 WIB

Siap Touring ke Himalaya, IMBI Latihan di Parung

Rizki Pratama - detikOto
Jumpa pers rencana touring IMBI ke Himalaya Foto: Rizki Pratama Jumpa pers rencana touring IMBI ke Himalaya Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Bagi anda yang terbiasa mengendarai motor setiap hari untuk beraktivitas ingin melakukan petualangan bersama motor perlu persiapan khusus. Selain perlengkapan, cara berkendaranya pun perlu disesuaikan karena akan melewati medan-medan yang cenderung tidak ditemui di jalanan ibu kota.

Oleh karena itu sebelum melakukan turing sangat dianjurkan untuk melakukan latihan terlebih di tempat yang sekiranya mensimulasikan rute yang akan dilewati. Terlebih lagi jika motor yang digunakan itu pun bukan motor yang biasa anda gunakan sehari-hari.

Hal ini ditegaskan oleh Sekjen Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI), M. Iqbal sebelum anggota komunitasnya melakukan perjalanan ke Himalaya pada bulan Agustus 2019 mendatang. Dalam latihan itu pun dipandu oleh instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu.

"Kita akan training besok (Sabtu 22 Juni) di Parung karena di sana ada sirkuit kecil yang cocok untuk latihan ke Himalaya dan dipimpin oleh Jusri Pulubuhu," ujar Iqbal dalam briefing persiapan Moto Himalayan bersama Royal Enfield, di Jakarta, Jumat (21/6/2019).



Para peserta pun akan menggunakan sepeda motor Royal Enfield Himalayan yang beberapa di antaranya perlu disesuaikan dan dibiasakan. "Supaya biasa dengan Royal Enfield jadi mereka sudah tahu caranya, posisi dan feeling untuk menghindari hal tak terduga di sana," lanjut Iqbal.

Jusri yang juga hadir pada kesempatan tersebut menambahkan latihan sebelum turing sebenarnya sangat penting meskipun mereka sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

"Ketika kita masuk ke sana jangan sekedar bisa tapi mengerti apa yang kita lakukan oleh karena itu mereka yang punya pengalaman harusnya dia terampil bukan karena biasa tapi karena mengerti," imbuhnya. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com