Senin, 17 Jun 2019 10:41 WIB

Sibuk Main HP, Pemotor Jatuh Terpelanting Tertangkap Kamera Google

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Google Foto: Google
Jakarta - Berkendara sambil main telepon genggam jelas-jelas tidak disarankan. Lihat saja seorang pengendara motor di Jawa Timur ini. Baru beberapa meter asyik bermain HP, tiba-tiba jatuh terpelanting.

Melihat situs Google Street, pemotor itu tadinya tengah melaju di jalan Raya Karangkates-Kepanjen. Kamera Google Street View menangkap dengan jelas momen pengendara itu jatuh dari motornya usai melihat HP. Foto pemotor terjatuh ini juga ramai dibicarakan di media sosial.

Sibuk Main HP, Pemotor Jatuh Terpelanting Tertangkap Kamera GooglePemotor yang asyik main HP sebelum jatuh Foto: Google


Tadinya pengendara motor matik berwarna biru itu terlihat berkendara dengan normal. Kedua tangannya di setang, mengenakan helm dan jaket. Safety sih. Namun beberapa saat dia terlihat mengecek HP, dan kemudian memegang HP di tangan kirinya, sementara tangan kanan tetap berada di setir.

Namun baru sekitar 66 meter melihat HP di tangan kirinya, pengendara motor itu terjatuh. Debu jalanan terlihat bertebaran. Waduh lain kali jangan main HP sambil naik motor ya...

Mengomentari foto viral pemotor tertangkap kamera terjatuh saat main HP ini, Instruktur Rifat Drive Labs (RDL), Andry Berlianto mengatakan saat kita berkendara membutuhkan 100% konsentrasi dimana tidak boleh ada aktivitas lain selain mengemudi seperti main ponsel, mengobrol, merokok dan lain-lain.

"Lengah sepersekian saja dengan melepas pandangan dari jalan raya bisa berakibat fatal. Dalam kecepatan 40 km/jam kendaraan bergerak 12 m/detik, bayangkan jika mata kita mengalihkan konsentrasi ke hal lain. Saat mata teralihkan dan terjadi sesuatu, refleks kita tidak akan lagi bisa membantu memecahkan masalah karena ketiadaan waktu untuk antisipasi. Jaga pandangan tetap ke depan dan selalu memonitor situasi sekeliling melalui prilaku cek spion dan gerakan kepala yang aktif," sarannya. (ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed