Selasa, 11 Jun 2019 07:08 WIB

Motor Pakai Ban Cacing Tanpa Rem Depan Berujung Kecelakaan

Luthfi Anshori - detikOto
Ban cacing tanpa rem depan. Foto: Trans7 Ban cacing tanpa rem depan. Foto: Trans7
Mojokerto - Sebuah kecelakaan tunggal sepeda motor terjadi di sekitar lokasi Wisata Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Seperti diberitakan Redaksi Pagi Trans 7, Senin (10/6/2019), kecelakaan ini melibatkan dua orang dan sebuah motor sport, All New Honda CBR150R berwarna merah.

Kronologinya, Honda CBR150R yang dikendarai sepasang kekasih bernama Ridwan dan Selfi, melaju tanpa terkendali di sebuah turunan curam dengan tikungan yang tajam. Motor beserta dua orang pengendara tersebut pun meluncur bebas dan langsung menabrak benteng penyelamat yang terdiri dari tumpukan karung.



Ridwan dan Selfi mengalami luka yang cukup parah. Ridwan luka di wajah dan Selfi mengalami patah tangan. Keduanya langsung dievakuasi tim penyelamat Relawan Kabupaten Mojokerto, dan dibawa ke Rumah Sakit Sumber Gelagah di Mojokerto.

Berdasarkan penjelasan Unit Laka Lantas Polres Mojokerto, kecelakaan itu terjadi karena Honda CBR150R milik Ridwan sudah dimodifikasi di sistem pengeremannya. Ubahan dilakukan dengan cara menghilangkan bagian rem cakram depannya.



Tak hanya melepas rem cakram depan, Ridwan diketahui juga sudah mengaplikasi pelek jari-jari dan ban dengan profil yang kecil, di dunia otomotif ban jenis ini biasa disebut ban cacing.

Dengan modifikasi tidak aman seperti itu, sudah jelas motor apa pun akan sulit menghentikan lajunya sendiri. Ban dengan profil kecil akan membuat grip atau cengkeraman ke permukaan jalan jadi berkurang. Sementara rem cakram depan yang dilepas, jelas mengurangi sistem pengereman yang sudah dirancang pabrikan.

Jangan ditiru ya, detikers. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com