Jumat, 07 Jun 2019 13:41 WIB

Motor Bebek yang Masih 'Hidup'

Dina Rayanti - detikOto
Motor bebek. Foto: PT Astra Honda Motor Motor bebek. Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta - Motor bebek dulu sempat menjadi primadona. Beragam merek motor bebek pun ditawarkan untuk masyarakat Indonesia. Sayangnya semakin ke sini, pamor motor bebek kian redup.

Motor bebek beberapa tahun terakhir mulai tergantikan dengan skuter matik alias skutik. Pengoperasian skutik yang lebih mudah membuat orang lebih tertarik untuk menggunakannya ketimbang motor bebek.


Dengan skutik, pengendara tak perlu repot-repot mengganti gigi motor yang ada pada kaki, melainkan tinggal mengegas dan mengerem saja. Skutik dinilai lebih praktis terlebih untuk melintas di jalanan yang macet sehingga pengendara pun tak terlalu lelah.

Meski begitu, berbagai produsen masih tetap menawarkan motor bebek di samping menyediakan skutik dengan varian yang jumlahnya lebih banyak. Yamaha misalnya, tercatat dalam situs resminya masih menawarkan beberapa varian motor bebek seperti MX King 150, MX King 150 Doxou Version, MX King 150 GP Version, Jupiter MX 150, Vega Force, dan Jupiter Z1.

Tak hanya Yamaha, Honda juga memiliki empat motor bebek muali dari Supra GTR 150, Supra X 125 FI, Revo X, dan Super Cub C125.

Suzuki pun tak mau ketinggalan. Di tengah pasar skutik yang tengah naik daun, Suzuki menawarkan dua motor bebek andalannya lewat Satria F150 dan Smash FI.


TVS juga punya nih motor bebek. Dua model motor bebek yang ditawarkan TVS adalah Neo XR dan Rockz.

Secara harga, motor bebek juga tak murah-murah amat. Harga motor bebek mirip-mirip dengan skutik, sehingga mungkin saja semakin sulit untuk bersaing. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed