Rabu, 05 Jun 2019 19:24 WIB

Bajaj dan KTM Kerjasama Bikin Skuter Listrik

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pool (indianautosblog) Foto: Pool (indianautosblog)
Jakarta -

Di Jepang, Honda, Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki bekerja sama membuat baterai motor listrik. Sedangkan di India Bajaj menggaet KTM dalam membuat motor bertenaga listriknya.


Tak perlu waktu lama, kolaborasi perusahaan India dan Austria ini akan mengaspalkan motor tersebut dalam waktu 18 bulan dari sekarang atau sekitar akhir tahun 2020 mendatang. Bahkan Direktur Eksekutif Bajaj Auto Ltd, Rakesh Sharma mengatakan akan lebih cepat dari waktu tersebut. Kepada The Economic Times, Sharma menyatakan bahwa perusahaan berencana untuk membawa motor listrik pertamanya dalam fiskal saat ini (April 2019-Maret 2020). Sharma mengkonfirmasi bahwa perusahaannya sedang mengembangkan prototipe dan perusahaan akan segera membuat pengumuman tentang produk yang akan datang.


"Kami sedang mengembangkan prototipe, namun apa yang akan keluar pertama adalah pertanyaan yang akan kami jawab segera. Setidaknya itu bisa muncul tahun ini," ujar Sharma.




Laporan dari The Economic Times juga menambahkan bahwa Bajaj dan KTM akan mengembangkan platform motor listrik 48 volt yang sama dengan output daya di kisaran 3 hingga 10 kW. Produk-produk yang berbasis pada platform sama ini akan diproduksi di India. Produksi dilaporkan akan dimulai di Pune pada tahun 2022.


Seperti diketahui, KTM sendiri sudah memproduksi motor bertenaga listrik secara global untuk pasar tertentu.


"Kami sangat tertarik pada elektrifikasi. Ini adalah perkembangan yang penting untuk masa depan untuk dipersiapkan dan belajar dari perkembangan yang sudah ada," kata Sharma




Motor ini listrik akan mengemas gaya retro yang akan dilengkapi dengan fitur modern. Lampu utama, seperti yang terlihat pada konsep memiliki bentuk segi lima dengan garis melengkung. Fitur-fitur canggih kemungkinan besar mencakup lampu LED, konsol instrumen digital, switchgear backlit, dan pengisi daya USB di bawah jok.


Untuk bagian pengereman kemungkinan besar akan menggunakan rem cakram depan dan tromol di belakang. Sementara itu shock kemungkinan besar akan menggunakan komponen skuter bertenaga bensinnya. Gambar paten yang bocor dari Urbanite motor bensinnya telah menampilkan suspensi satu sisi dengan anti-dive di bagian depan dan per satu sisi di bagian belakang.

(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com