Sabtu, 01 Jun 2019 04:37 WIB

Naik Bajaj Saat Mudik Aman dari Crosswind

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Salah satu pemicu kecelakaan kendaraan saat mudik adalah hembusan angin dari samping atau disebut dengan crosswind. Kondisi ini dapat membuat mobil hilang kendali atau bahkan terbalik.

Namun bagi pemudik yang menggunakan bajaj, gejala ini tidak memiliki potensi yang cukup tinggi. Dengan menjaga kecepatannya saat melaju di jalan lurus, hembusan angin dari samping tidak akan memberikan dampak terlalu berbahaya pada bajaj.



"Kecepetan selama 30kpj aman, dindingya kan terbuka artinya dia kena crosswind kemungkinannya kecil selama tidak taroh barang di railrack," kata Director Training Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana saat dihubungi detikcom, Jumat (31/5/2019).

Selain itu efek limbung juga bisa diminimalisir selama ia tidak memaksakan diri menyalip kendaraan lain. Turbulensi dari kendaraan yang lebih besar akan mendukung terjadinya crosswind terhadap bajaj yang melaju lebih cepat dari batasanya.

"Dia harus mewaspadai kendaraan lain di antara dia. Jika disalip kendaraan besar santai aja ngga usah nyusul karena kemampuan kendaraanya terbatas," lanjut Sony.



Terlepas dari berbagai kiat-kiat yang perlu diterapkan pada penggunaan bajaj sebagai sarana transportasi mudik, berbagai pihak sangat tidak merekomendasikannya. Polda Metro Jaya pun telah meminta warga tak menggunakan bajaj sebagai angkutan untuk mudik lebaran. Bajaj dinilai bukan kendaraan untuk jarak jauh.

"Bajaj itu transportasi publik dalam kota yang mempunyai keterbatasan dalam trayeknya, waktu tempuh dan jarak tempuh. Sehingga tidak diperuntukan transportasi antarkota, antarprovinsi," tutur Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir, kepada detikcom, Jumat (31/5/2019).

Potensi Crosswind sendiri kerap ditemukan pada jalan bebas hambatan yang mana bajaj roda tiga tidak diizinkan melewatinya, tidak seperti saudaranya yang beroda empat.



Tonton video Sehari Berpuasa di Philadelphia:

[Gambas:Video 20detik]

(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed