Senin, 27 Mei 2019 14:27 WIB

Moge Taiwan Justru Lebih Laris daripada Matiknya di Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Khairul Imam Ghozali Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Tren motor matik di Indonesia sedang subur sekali saat ini. Dari total penjualan motor lebih dari 80% berasal dari kontribusi skuter matik.

Namun tren ini tak berlaku untuk merek motor asal Taiwan, SYM Motor dan SM Sport yang sudah mengaspal di Indonesia kurang lebih 5 tahun. Penjualan motor buatan negara tetangga ini justru didorong oleh tipe moge cruiser yaitu SM Sport V16.



"Matik beda segmen peminatnya juga ada tetapi saya bicara yang paling dominan v16 moge ya karena kalau sekelas dia ada harley yang harganya sangat mahal. Ini dengan harga 53 juta sudah dapat model moge," ujar Sales Marketing Jabodetabek PT Djoko Motor, Budi Bachrojal sebagai mitra distribusi APM SM Sport dan SYM Motor, PT MForce Indonesia saat ditemui di Pekan Raya Jakarta, JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (26/5/2019).

Mereka pun terang-terangan tidak terlalu berfokus pada jualan matik meskipun menyediakan sejumlah pilihan produk di segmen tersebut

"Pasar matik memang kita tidak targetkan besar untuk targetnya karena memang pasar matik itu sudah cukup banyak pemainnya. Tetap kita berkompetisi di dalamnya memberikan pilihan," ungkap Budi.



Pada Kesempatan itu juga Budi pun optimis SM Sport dan SYM Motor mampu memberikan persaingan dengan merek Jepang. Untuk mencapai hal tersebut pihaknya tengah berusaha meningkatkan luas jaringan dan purna jual. Untuk saat ini strategi paling ampuh yang bisa dimasuki oleh motor asal Taiwan ini adalah harga yang sangat murah jika dibanding dengan merek ternama lainnya.

"Intinya kita harus perkuat jaringannya dulu, jaringan diler, bengkel resminya baru kita bisa bicara lawan produk Jepang, Honda, Kawasaki, Yamaha seperti itu. Secara produk kita ga kalah dengan produk mereka tapi harga kita jauh lebih kompetitif dari mereka," pungkas Budi. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed