Selasa, 21 Mei 2019 14:43 WIB

Yamaha Vega di Antara 2 Motor Custom Jokowi

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Dok.Istimewa Foto: Dok.Istimewa
Jakarta - Joko Widodo akhir-akhir ini semakin menunjukkan hobinya menunggangi sepeda motor. Jokowi pun diketahui memesan dua motor kustom bergaya chopper dan bobber di dua bengkel berbeda. Motor bergaya chopper berwarna emas dipesan oleh Jokowi di bengkel kustom Elders Garage.


Yamaha Vega di Antara 2 Motor Custom JokowiFoto: Rizki Pratama/detikOto


Sedangkan motor bergaya klasik W175 disulap menjadi bobber atas permintaan Jokowi kepada bengkel Katros Garage.

Selain motor kustom, Jokowi rupanya memiliki motor bebek jadul lansiran 2001 Yamaha Vega. Motor bebek Yamaha Vega yang dibeli Jokowi dari hasil sendiri tersebut masih tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Jokowi pada pertengahan 2018.

Ilustrasi Yamaha VegaIlustrasi Yamaha Vega Foto: dok. Yamaha



Kalau ditaksir, dalam LHKPN itu motor bebek Jokowi memiliki harga Rp 2,5 juta. Harganya berbeda 180 derajat dengan motor kustom Jokowi. Diketahui dalam LHKPN yang sama, motor kustom chopper emas Jokowi memiliki taksiran harga Rp 140 juta.

Sedangkan motor kustom kedua Jokowi belum masuk dalam daftar LHKPN. Katros Garage pun ogah buka-bukaan soal berapa biaya yang dikeluarkan Jokowi untuk mengubah motor klasik menjadi gaya bobber disertai beberapa kustomisasi sesuai keinginan Jokowi.
Yamaha Vega di Antara 2 Motor Custom JokowiFoto: Dok.Istimewa

Kegemaran Jokowi pada dunia motor kustom rupanya ditularkan oleh sang anak Gibran Rakabuming Raka.

"Ya saya ini kan sebetulnya ketularan sama Gibran. Gibran ini beli satu, beli dua, saya kalau pas ke rumah Gibran saya lihat bagus, ya nular gitu aja," ucap Jokowi dalam sebuah vlog milik Alitt Susanto.


"Terus saya beli, kemudian dimodif dan bagus, ngambil lagi, modif, bagus lagi," kata Jokowi lagi.

Motor-motor kustom yang dimiliki Jokowi tak hanya jadi pajangan di rumah. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi terlihat mengendarai motor itu ketika sedang melakukan kunjungan kerja misalnya saat ke Sukabumi dan Pasar Anyar Tangerang.
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com