Senin, 13 Mei 2019 11:39 WIB

Wow! TVS dan BMW Motorrad Garap Motor Dua Silinder

Rangga Rahadiansyah - detikOto
TVS Apache RR 310, hasil kolaborasi dengan BMW Motorrad bermesin 313 cc satu silinder. Foto: Ruly Kurniawan TVS Apache RR 310, hasil kolaborasi dengan BMW Motorrad bermesin 313 cc satu silinder. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - TVS dan BMW Motorrad memang berkolaborasi membuat proyek sepeda motor. Hasilnya sudah lahir motor BMW maupun TVS bermesin 313 cc satu silinder.

Namun, motor itu saja belum cukup. Kabarnya kedua pabrikan tersebut sepakat menggarap motor bermesin dua silinder.

Motor bermesin dua silinder memang diminati di berbagai negara. Salah satunya di India di mana menjadi rencana BMW dan TVS menggarap motor sport dua silinder di sana.



TVS pada dasarnya akan mencoba mengembangkan mesin dua silinder dengan bimbingan teknis dari BMW Motorrad. Namun, seharusnya mesin dua silinder yang digarap itu harus lebih murah, tidak seperti moge BMW yang harganya sampai ratusan juta rupiah.

Tapi, hal lain yang menjadi fokus adalah bahwa TVS tidak memiliki bingkai motor yang mendukung pengembangan ini. Karena BMW juga tidak memiliki platform motor dengan mesin menengah yang bisa digunakan TVS, jadi frame itu kemungkinan akan dibangun dari nol.



Pengembangan mesin dan frame itu tentunya bakal memakan waktu yang lama. Kemungkinan kalau kabar ini benar motor sport dua silinder TVS-BMW di kelas menengah bakal hadir setelah 2020.

Kemungkinan juga mesin dua silinder itu berkapasitas 500-650 cc. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com