Rabu, 08 Mei 2019 09:53 WIB

Bamsoet Harap Moge Boleh Masuk Tol di Hari Libur

Ridwan Arifin - detikOto
Motor masuk tol. Foto: Istimewa/Jasamarga Bali Tol Motor masuk tol. Foto: Istimewa/Jasamarga Bali Tol
Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dikenal dekat dengan dunia motor gede (moge). Salah satu gagasan yang menuai perhatian yakni sepeda motor diperbolehkan masuk tol.

Kendati demikian, Bamsoet menjelaskan gagasannya tersebut menekankan pada mobilitas pekerja yang menggunakan sepeda motor.


"Bebas, bebek dan yang lainnya boleh. Orientasi kita kan untuk menyelamatkan nyawa pengguna kendaraan roda dua kita tanpa batasan cc," ujar Bamsoet di Kemayoran, Jakarta.

Lebih lanjut, Bamsoet juga mengatakan bahwa segmentasi motor gede merupakan penghobi. Sehingga ia mengharapkan kepada pemerintah agar hanya memberi izin untuk moge hanya dapat melintas di jalan tol ketika hari libur.

"Kalau pemerintah membuat aturan, motor besar hanya boleh menggunakan jalan tol khusus motor ini hanya di hari-hari libur, karena memang pengguna motor besar kebanyakan hanya di hari libur tidak pernah di hari kerja," tutur Bamsoet.


Lanjut Bamsoet, masuknya motor ke jalan tol khusus motor dengan pemisah/separator yang memadai dengan mobil roda empat atau lebih serta lebar jalan yang cukup seperti di jalan Tol Bali Mandara dapat menekan tingkat kecelakaan.

"Nah, Bali punya jalan tol 10 tahun sampai saat ini, saya lihat data kecelakaan hanya terjadi 18 data kecelakaan itu pun tidak ada kematian artinya hanya kerugian material saja. Mengacu pada Bali kita harusnya bisa menyelamatkan lebih banyak lagi nyawa pengguna kendaraan roda dua," tutur Bamsoet.


Simak Juga Video Ototest Terbaru di 20detik:

[Gambas:Video 20detik]

Bamsoet Harap Moge Boleh Masuk Tol di Hari Libur
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed