Jumat, 19 Apr 2019 17:35 WIB

Kymco Ingin Produksi Motor di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Kymco Foto: Khairul Imam Ghozali Ilustrasi Kymco Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Kymco jadi salah satu dari sedikit pabrikan motor non-Jepang yang menjual motor di Indonesia. Merek asal Taiwan itu pun mengaku ingin membangun secara serius bisnisnya di Indonesia.

"Karena dulu kami ada pengalaman kolaborasi dengan orang lain tapi gagal. Dan untuk kedua kali ini kami lebih hati-hati dan memikirkan banyak faktor," terang President Director PT Smart Motor Indonesia, Neo Chen.



Sebagai tahap awal PT Smart Motor Indonesia yang merupakan Agen Pemegang Merek Kymco mengklaim sudah menanamkan investasi sebesar 10 juta USD. "Tahap pertama yang kami kerjakan adalah CKD lalu assembling. 10 juta USD untuk tahap pertama," kata Neo.

Untuk tahap pengembangan, ke depannya Kymco akan memproduksi motor secara lokal, tidak hanya merakit saja. "Kami bakal menghilangkan impor. Yang penting jaringan harus terbangun dulu. Baru setelah itu kami memikirkan memproduksi motor dengan kandungan lokal mencapai 60 persen," lanjut Neo.



Saat ini pabrik Kymco yang berada di Deltamas, Bekasi baru memproduksi motor secara CKD. Modelnya seperti Exciting 400i, Downtown 250i, K XCT 200i, Racing King, dan Like 150i.

Sementara untuk jaringan purnajual Kymco, saat ini baru ada di Jakarta, Bali, Bandung, menyusul akan segera dibuka di Cikarang dan Cirebon. "Saat ini kami memamng masih fokus di Jawa dulu. Kami harap 10 main diler bisa segera kami bikin di Jawa," pungkas Neo. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed