Rabu, 10 Apr 2019 10:43 WIB

Ini Mesin Potong Rumput Terkencang di Dunia, Pakai Mesin Moge!

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Visordown Foto: Visordown
Jakarta - Apa jadinya jika sebuah mesin pemotong rumput memakai mesin moge? Tanyakan hal itu kepada tim Dynamics yang baru saja membuat kendaraan kencang Mean Mower V2 yang ditenagai mesin Honda CBR1000RR Fireblade SP.

Seperti dilansir dari visordown, kendaraan pemotong rumput berwarna merah ini mengusung mesin empat silinder 999 cc yang mampu menghasilkan tenaga lebih dari 190 daya kuda pada 13.000 rpm.

Dengan tenaga sebuas itu, kendaraan pemotong rumput ini punya bobot super ringan dengan kerangka, dan bobot mesin hanya 69,1 kg. Dikatakan Managing Director Honda (UK) Dave Hodgetts, mesin pemotong rumput bertenaga moge ini menjadi karya modifikasi yang kreatif.



"Mesin pemotong rumput jadi tantangan besar bagi kami. Kali ini kami telah membangun sebuah rekayasa luar biasa, menggunakan teknik desain dan produksi yang canggih dan sangat cerdik untuk menghadirkan kinerja dan kekuatan, tetapi tetap mempertahankan tampilan mesin pemotong rumput. Kami saat ini ada dalam tahap pengujian dan semuanya terlihat baik, dengan kecepatan tertinggi lebih dari 150 mph (241 km/jam) dalam pandangan kami," kata Hodgetts.

Bagian penting dari kendaraan ini adalah bagaimana insinyur tetap mempertahankan tampilan mesin pemotong rumput, Honda HF 2622, yang meliputi cover depan, boks penampung rumput, hingga panel bodinya.

Hal penting kedua adalah bagaimana kendaraan ini tetap memiliki kemampuan memotong rumput, dengan modifikasi pada dek pemotong untuk meletakkan rantai yang akan terhubung ke ban belakang. Mesin pemotong rumput ini juga dibekali dua baterai untuk menyalakan motor listrik yang berfungsi memutar bilah pemotong rumput.

Mean Mower V2 telah dirancang dan diproduksi khusus, dengan sasis terbuat dari baja untuk daya tahan dan fleksibilitas. Mesin pemotong rumput ini tidak memiliki suspensi, sehingga memang butuh sasis yang ringan.



Selain mesin, beberapa komponen lain CBR1000RR Fireblade SP juga dicangkok pada mesin pemotong rumput ini, seperti part kopling, ECU, drive train enam kecepatan, bahkan juga layar LCD-nya yang penuh warna.

Tim Dynamics sendiri merupakan mitra dari tim Honda di ajang British Touring Car Championship. Bersama Mean Mower, tim Dynamics sebelumnya pernah mencatat rekor sebagai mesin pemotong rumput tercepat di dunia pada tahun 2014 lalu.

Dan saat ini tim Dynamics telah menunjuk pembalap go kart Jess Hawkins, untuk menjinakkan Mean Mower V2 yang bertenagakan mesin moge. Jess sendiri saat ini tampil sebagai pembalap akrobat di acara Fast & Furious Live. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed