Senin, 08 Apr 2019 17:16 WIB

Bikin Motor 250 cc, Ducati Minta Bantuan Pabrikan Lain

Luthfi Anshori - detikOto
Scrambler saat ini menjadi motor dengan cc paling kecil Ducati Foto: Ducati Scrambler saat ini menjadi motor dengan cc paling kecil Ducati Foto: Ducati
Jakarta - Ducati santer dikabarkan bakal membuat motor dengan kapasitas mesin 250 cc. Untuk membuat motor bermesin kecil tersebut, Ducati tidak bisa membuat sendirian. Artinya perlu kolaborasi dengan pabrikan motor lain.

"Karena kemampuan Ducati tidak untuk memproduksi motor bermesin kecil dan berharga murah," ujar Ducati APAC Sales Director Leonardo Saccioni, di Flagship Store Ducati, Jakarta.



Ditambahkan Leonardo, jika Ducati ingin membuat motor 250 cc dengan harga yang kompetitif, maka pabrikan ini perlu pabrik yang besar dan punya kapasitas cukup untuk memproduksi banyak motor.

"Karena semakin banyak memproduksi motor, maka biaya produksi akan semakin murah. Jadi sangat masuk akal bila kami ingin melakukan itu. Tapi saya tak bisa menyatakan resmi hari ini kalau Ducati akan berkolaborasi memproduksi mesin ber-cc kecil. Jadi stay tune, nantikan di EICMA 2019," pungkas Leonardo.

Perlu diketahui, untuk membuat motor dengan ceruk pasar yang besar, Ducati memang tidak bisa bekerja sendirian. Pabrikan asal Italia ini perlu bekerja sama dengan pabrikan lain.

Contohnya seperti kerja sama yang dilakukan oleh BMW Motorrad (Jerman) dengan TVS (India). Kedua pabrik ini berkolaborasi untuk membuat produk motor dengan spesifikasi mesin 313 cc.

Di BMW Motorrad, motor ini hadir dengan dua versi, yakni BMW G 310 R dan BMW G 310 GS (Adventure). Sementara di TVS motor ini hadir dengan versi sport fairing, dengan branding TVS Apache RR 310.

Kolaborasi ini tentunya menguntungkan kedua belah pihak. TVS bisa belajar membuat motor dengan kapasitas mesin besar. Di sisi lain, BMW Motorrad bisa memiliki produk motor entry level, yang produksinya tidak membebani fasilitas pabrik BMW di Jerman, karena G 310 R dan G 310 GS sepenuhnya dibuat di pabrik TVS India. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com