Selasa, 26 Mar 2019 13:58 WIB

Kurir Ojek Online Jangan Bawa Barang Terlalu Besar

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi kurir ojek online. Foto: Go-Jek Ilustrasi kurir ojek online. Foto: Go-Jek
Jakarta - Tak jarang di jalanan terlihat kurir ojek online yang bertugas mengantarkan dan mengirimkan barang dari satu titik ke titik lain melebihi beban dan ukuran yang wajar. Hal ini tentunya akan membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Ada beberapa patokan yang perlu diikuti agar risiko kecelakaan lalu lintas tidak terhindari dan pesanan untuk pengiriman barang pun bisa sampai dengan selamat.



"Untuk amannya, tinggi barang sebaiknya tidak melebihi kepala pengendara dan lebarnya tidak lebih lebar dari setang motornya sendiri," ujar Instruktur Rifat Driver Labs, Andry Berlianto saat dihubungi detikcom, Selasa (26/3/2019).

Kelebihan ukuran barang angkutan pada kurir ojek online itu akan mengganggu manuver dalam berkendara. Oleh karena itu kendaraan jadi tidak stabil dan mengurangi kenyamanan hingga keamanan.

"Alasannya, keamanan saat bergerak karena dimensi yang berlebih dapat membuat kendaraan tidak stabil serta menghilangkan aspek kenyamanan," lanjut Andry.



Meskipun beberapa kurir pengantar barang ojek online sudah menggunakan tali pengikat pada barang pesanan, Andry kembali mengingatkan kepada mereka yang belum untuk tidak lupa melakukannya. "Harus menggunakan pengikat agar tidak ada gerakan labil saat kendaraan bergerak yang berpotensi membuat pengendara hilang keseimbangan," papar Andry.

Untuk keamanan baik untuk mitra ojek online maupun pemesan jasanya, Andry menyarankan untuk lebih menggunakan transportasi yang lebih layak tergantung beban dan dimensi barang.

"Saran saya gunakan moda transportasi lain yang memang didesain untuk bawa barang. Untuk ojek online bisa menyarankan pesanan untuk ambil kendaraan alternatif atas alasan keamanan berkendara," pungkas Andry.




Simak juga video Grafis Pembagian Tarif Ojol Per Km:

[Gambas:Video 20detik]

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya