Senin, 25 Mar 2019 16:12 WIB

Cara Polisi India Musnahkan Knalpot Bising: Nyamar Jadi Pengemis

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Knalpot berisik ditindak di India. Foto: Dok. Rushlane
New Delhi - Knalpot bising untuk beberapa kalangan mungkin dianggap lebih keren. Tapi, knalpot bising bikin resah. Knalpot bising kerap menimbulkan polusi suara yang membuat tidak nyaman.

Ternyata knalpot bising tidak hanya ramai di Indonesia. Di India pengguna sepeda motor pun banyak yang memakai knalpot bising. Peraturan lalu lintas di negara itu telah melarang penggunaan knalpot yang bikin pekak telinga.



Diberitakan Rushlane, polisi India sudah lama mengincar kendaraan dengan knalpot bising. Tapi masih ada saja pengendara motor yang ngeyel tetap menggunakan knalpot itu.

Polisi kemudian mencari cara untuk memusnahkan knalpot bising mengingat masih banyaknya penggunaan knalpot itu. Petugas di Kantor Polisi Bhayander dari Kepolisian Maharashtra menyamar sebagai pengemis hingga orang biasa untuk menjebak para pelanggar.



Dengan berpakaian preman tanpa seragam, petugas polisi itu menangkap para pemotor yang menggunakan knalpot bising. Petugas kemudian menghancurkan knalpot aftermarket itu langsung di lokasi.

Alasan petugas menyamar adalah seringnya pengendara motor melihat ada polisi berseragam dari kejauhan sehingga mereka mencari jalan lain untuk menghindari polisi.

Ketika ada pelanggar, polisi yang menyamar kemudian menghentikan pengendara, mencabut kunci, menjatuhkan motor dan menghancurkan knalpot bising menggunakan palu. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com