Selasa, 19 Mar 2019 17:19 WIB

Kenapa Ojek Online Harus Pakai Celana Panjang dan Sepatu?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ojek online. Foto: Febri Angga Palguna Ojek online. Foto: Febri Angga Palguna
Jakarta - Regulasi untuk ojek online melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat juga mengatur keselamatan berkendara. Pengemudi ojek online harus menggunakan perlengkapan berkendara selain helm.

Tertuang dalam peraturan itu, pengemudi ojek online wajib pakai celana panjang, sepatu sampai sarung tangan. Apa alasannya?



Andry Berlianto instruktur safety riding RDL mengatakan perlengkapan-perlengkapan itu akan melindungi pengemudi ojek online jika terjadi kecelakaan. Gesekan badan dengan aspal akan diminimalisir oleh perlengkapan tersebut.

"Potensi kecelakaan cukup tinggi dimiliki oleh pengendara dimana kontak kita dengan aspal pertama kali akan bersentuhan dengan apparel atau safety gear tersebut (jaket, celana panjang, sepatu dan sarung tangan)," kata Andry kepada detikcom Selasa (19/3/2019).

Yang pertama, pengemudi ojek online harus memakai jaket dengan bahan yang dapat memantulkan cahaya disertai dengan identitas pengemudi. Menurut Andry, hal itu penting karena efek pantulan dari bahan reflektif dapat menarik perhatian mata dengan cepat yang imbasnya kita akan lebih mudah dideteksi oleh pengendara lain, terutama di malam hari.



"Celana panjang praktis penting sebagai pelindung utama bagian pinggang ke bawah terhadap potensi gesekan akibat kecelakaan," tambah Andry.

Sementara sepatu juga sama pentingnya, yaitu sebagai pelindung bagian mata kaki ke bawah jika terjadi gesekan dengan aspal. Sementara sarung tangan sebagian pelindung dari bagian tubuh yaitu tangan.

"Selain penggunaan tentunya pemahaman terhadap bahaya dan risiko mengemudi juga penting agar pengendara dapat menghitung besaran paparan yang akan diterima saat terjadi kecelakaan," ucap Andry. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com