Jumat, 15 Mar 2019 11:03 WIB

Belum Banyak yang Mau Beli Kendaraan Tanpa DP

Ridwan Arifin - detikOto
Dealer motor. Foto: Aris Ginanjar Dealer motor. Foto: Aris Ginanjar
Jakarta - Hadirnya Down Payment (DP) nol persen atau tanpa uang muka semakin menambah pilihan di tengah masyarakat untuk mencicil kendaraan.

Salah satu lembaga pembiayaan Federal Internasional Finance (FIF) Group pernah melakukan penawaran terhadap konsumen loyalisnya atau mereka yang memiliki catatan bagus yang pernah menggunakan perusahaan pembiayaan ini.



"Segmented kita, terhadap karyawan dengan fixed income ditawarkan, tapi yang ambil juga sedikit," ujar ujar CEO FIF Group Margono Tanuwijaya di Menara Astra, Jakarta Pusat, Kamis (14/03/2019).

Lebih lanjut dirinya juga mengungkapkan bahwa konsumen yang disasar segmennya terbatas. Namun, masyarakat sudah mulai memperhitungkan kemampuan finansial serta untung rugi dari DP nol persen ini.



"Mereka juga berpikir lebih baik bayar DP sajalah, daripada DP nol persen angsurannya lebih mahal kan. Jadi customer ini harus disesuaikan," kata Margono.

Memang yang perlu dicatat, ketika melakukan pembelian tanpa uang muka, maka cicilan yang dibayarkan akan lebih besar atau tenor semakin panjang. Pun demikian tren kendaraan akan bergerak cepat, sehingga ada nilai susut yang perlu diperhitungkan tiap tahunnya.

"Angsurannya gede, bunganya juga lebih banyak. Ada juga konsumen yang berpikir seperti itu," sambungnya. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed