Rabu, 20 Feb 2019 18:34 WIB

PLN Beri Diskon Pemilik Kendaraan Listrik, Produsen Senang

M Luthfi Andika - detikOto
Motor Listrik Viar Q1 Foto: Ruly Kurniawan Motor Listrik Viar Q1 Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - PT PLN (Persero) mengumumkan akan memberi potongan harga atau diskon kepada pelanggan yang memiliki mobil dan motor listrik. Hal ini pun disambut baik produsen motor listrik Viar.

Seperti yang disampaikan Direktur Marketing Viar Motor, Sujipto Atmojo kepada detikOto, Rabu (20/2/2018), yang menyambut baik rencana PLN ini dan ingin melihat bagaimana prosesnya.



"Ini ide bagus seperti di luar negeri. Kalau di luar negeri subsidi-nya seperti itu," kata Sujipto.

Sujipto pun berharap agar prosesnya tidak sulit bagi para pemilik kendaraan listrik di Indonesia.



"Dilihat dari idenya bagus, tinggal tunggu pelaksanaannya, apakah akan mudah atau apply dan ini yang perlu kita tunggu. Kita lihat seperti apa atau ada regulasi lainnya atau tidak?" tambahnya.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman sebelumnya mengatakan diskon untuk pemilik kendaraan listrik ini ditargetkan rilis pada akhir bulan ini atau awal Maret 2019.



"Kalau bisa akhir bulan ini kita keluarkan, mudah-mudahan 1 Maret bisa," katanya di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).



Syofvi menjelaskan, diskon penggunaan listrik akan diberikan ke pelanggan yang memiliki kendaraan listrik. Diskon ini berlaku pada pukul 22.00 hingga pukul 04.00. Pada waktu tersebut sering dipakai untuk pengisian daya kendaraan listrik.

Sementara, diskon untuk tambah daya diberikan untuk pelanggan yang memiliki mobil, motor dan kompor listrik.

"Pertama, diskon kalau kalian nge-charge jam 10 malam sampai 4 pagi. Kedua, diskon tambah dayanya kalau punya mobil listrik jauh lebih besar dibanding kamu hanya punya motor listrik, atau kompor induksi, tapi kita mau izin dulu sama Pak Jonan. Tapi direksi sudah sepakat," terangnya.

Soal besaran diskon, Syofvi belum bisa memaparkan secara rinci. Dia hanya bilang, untuk diskon penggunaan listrik tak sampai 50%.

"Nggak nyampe lah masa 50%, kalau tambah daya sampai 50%," ujarnya.



Sementara, untuk tambah daya diskonnya bisa sampai 50% terutama untuk pemilik mobil listrik. Pemberian diskon tambah daya ini bakal bertingkat.

"Diskon tambah daya yang punya mobil listrik bisa 50%. Jadi gini, kalau punya kompor induksi tak (saya) diskon, punya mobil listrik tak diskon lebih bayak," ujarnya.

"(Induksi kurang dari 50%?) Bisa jadi seperti itu, kayaknya kompor induksi sama motor listrik itu sama kurang lebih sama diskonnya. Kalau kamu punya mobil ini lebih besar, walaupun nggak punya kompor induksi," tambahnya seperti yang tertulis di detikFinance. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com