Senin, 11 Feb 2019 15:24 WIB

Motor Masuk Tol, Solusi yang Salah buat Kalangan Urban

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi (Foto: Zaki Alfarabi) Ilustrasi (Foto: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Jika diperintahkan, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) siap membangun jalur khusus sepeda motor pada jalan tol tahun ini di Medan dan Bandung. CEO CMNP, Tito Sulistio mengonfirmasi hal itu.

"Kalau diperintahkan sesuai PP 44 (Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009) kami akan persiapkan. Artinya tol khusus motor sebagai tambahan di samping yang mobil (seperti di Bali). Ya, ada jalur khusus (untuk sepeda motor) sesuai PP 44/2009," kata Tito kepada detikOto, Jumat (8/2/2019).




Namun menurut pengamat transportasi dari Unika Soegijpranata Semarang Djoko Setijowarno menilai mimpi untuk membangun jalan tol untuk sepeda motor hanya akan menimbulkan masalah baru.

"Ini contoh solusi yang salah bagi warga yang bertempat tinggal di pinggir kota, bukan diberikan jalur sepeda motor ke kota. Yang akhirnya mendukung makin macet kota," ujar Djoko kepada detikOto melalui pesan singkat.



"Tambah boros BBM dan polusi meningkat," tambah Djoko.

Kata Djoko, daripada membangun jalur khusus sepeda motor di tol, lebih baik pemerintah mengedepankan penggunaan transportasi umum. Menurutnya, jalur khusus angkutan umum di jalan tol lebih baik ketimbang motor.

"Mestinya sebagai negarawan mendorong ada jalur khusus angkutan umum di jalan tol agar tidak timbulkan macet di kota," singkat Djoko.


Plus Minus Motor Masuk TolPlus Minus Motor Masuk Tol Foto: Zaki Alfarabi
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed