Senin, 11 Feb 2019 07:39 WIB

Motor Masuk Tol Baiknya di Atas 250 cc

Ridwan Arifin - detikOto
Motor Masuk Tol di Eropa. Foto: Dadan Kuswaraharja Motor Masuk Tol di Eropa. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) menyambut positif wacana diberi ruang khusus sepeda motor untuk masuk tol. Ide pertama kali yang diusulkan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Hal ini dikatakan oleh Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman usai melakukan peluncuran motor baru di Bandung, Jawa Barat, (10/02/2019).



"Jadi gini prinsip kami kita akan selalu comply dengan apa yang pemerintah putuskan. Kalau memang motor masuk tol banyak positifnya, kita menyambut baik," ungkap Loman kepada wartawan.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mengatakan kapasitas mesin yang diperbolehkan masuk tol juga perlu menjadi perhatian.

"Karena itu motor masuk tol dibutuhkan istilahnya syarat-syarat, karena di tol itu speed tinggi. Dan sebagian pemotor kita kalau pakai cc kecil masalah," kata Loman.



"Menurut saya di atas 250cc. Karena kalau di bawah itu katanya mungkin tidak bisa mengimbangi," kata Loman.

Salah satu syarat pengemudi, kata Loman, mendapatkan SIM berdasarkan kapasitas mesin juga bisa menjadi pertimbangan.

"Saya kira itu juga menjadi satu pertimbangan. Karena di dalam tol dibutuhkan motor yang siap, kedua pengendara yang punya skill berkendara tinggi," kata Loman.

"Di Amerika masuk jalan tol itu pada umumnya dibutuhkan motor yang baik dan kemampuan dari pengemudinya sendiri," pungkas Loman.



Tonton juga video NGOBS KUY Spesial! Motor Masuk Tol Featuring detikOto :

[Gambas:Video 20detik]


Motor Masuk Tol Baiknya di Atas 250 cc
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed