Jumat, 08 Feb 2019 13:23 WIB

Bamsoet: Motor Masuk Tol, kalau Perlu Moge Dilarang di Hari Kerja

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi jalur motor di tol Bali Mandara. Foto: dok. Jasamarga Bali Tol Ilustrasi jalur motor di tol Bali Mandara. Foto: dok. Jasamarga Bali Tol
Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyambut baik wacana PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) bernecana membangun jalur khusus sepeda motor di jalan tol. Rencananya, CMNP memang ingin membuat tol dengan jalur khusus sepeda motor di Bandung dan Medan.

Dalam keterangan resminya, Bamsoet mengapresiasi rencana CMNP. Seperti diberitakan sebelumnya, CMNP rencananya akan membangun tol untuk motor mulai tahun ini.

"CNMP selaku pengelola jalan tol tidak hanya mengejar keuntungan semata tapi juga ikut memberi solusi terhadap kesulitan mayoritas rakyat kita yang masih tinggal di rumah-rumah BTN pinggiran kota dan hanya memiliki moda transportasi roda dua atau motor untuk bisa pulang pergi dari rumah ke tempat kerjanya di kota dengan tingkat keselamatan yang tinggi di jalur khusus tol karena satu arah dan kepastian waktu, karena mudah diprediksi," ujar Bamsoet.



Bamsoet menekankan agar lebih menjamin kenyamanan pengguna jalur khusus motor di jalan tol. Kalau perlu, kata Bamsoet, motor gede (moge) dilarang masuk tol pada hari kerja.



"Moge cukup diizinkan untuk melalui jalur motor di jalan tol pada hari libur saja. Sedangkan pada hari kerja biarlah kendaraan bermotor roda dua bermesin kecil saja yang diizinkan. Karena mereka berangkat kerja atau pulang kerja. Sedangkan moge biasanya hanya dipakai untuk keperluan rekreasi para penggemar di hari libur," ujarnya sesuai pernyataan.

Sebagai informasi, rencana CMNP membuat jalur tol untuk sepeda motor dipaparkan CEO CMNP, Tito Sulistio dalam pertemuan di DPR, Kamis (7/2/2019). Rencananya, ada dua tol yang akan terdapat jalur untuk motor. Pertama, jalan tol dalam kota sepanjang 11 kilometer di kota Medan menyusuri Talud Sungai Deli dari Maimoon sampai ke Binjai yang akan dimulai pembangunannya pada Juni 2019 mendatang. Kedua, CMNP Group juga akan membuka tol baru dengan fasilitas jalur khusus kendaraan roda dua di Bandung sepanjang 14 km dari Pasir Koja ke Pasopati yang akan segera dimulai pada Maret 2019 tahun ini. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed