Jumat, 08 Feb 2019 09:38 WIB

Tol Motor di Bandung dan Medan Rencananya Dibangun Tahun Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jembatan Suramadu yang sebelumnya ada tol untuk motor. Foto: Zaenal Effendi Jembatan Suramadu yang sebelumnya ada tol untuk motor. Foto: Zaenal Effendi
Jakarta - Wacana motor masuk tol yang disuarakan Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendapat sambutan. PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) berencana membangun jalur khusus sepeda motor di jalan tol.

Rencana CMNP akan ada jalur khusus motor di tol Bandung dan Medan. CEO CMNP, Tito Sulistio mengonfirmasi bahwa rencananya CMNP akan membangun tol untuk motor tahun ini.

"(Mulai dibangun tahun ini-Red) Jika semuanya persyaratan termasuk consession agreement (perjanjian konsesi-Red) selesai. Bandung diharapkan Meret ground breaking. Medan perintah Pak Gubernur 28 Juli beliau pengin mulai," kata Tito kepada detikOto melalui pesan singkat, Jumat (8/2/2019).



Kata Tito, ide membangun jalur tol untuk motor ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009. Seperti diberitakan sebelumnya, memang sudah diatur mengenai tol untuk motor.

Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009 merevisi PP 15/2005 dengan ditambahkan satu ayat pada Pasal 38 soal ketentuan motor lewat jalan tol. Adapun tambahan satu ayat tersebut menjelaskan peraturan soal bolehnya motor melintas jalan tol. Sebelumnya pada PP 15/2005 hanya ditulis ayat 1 yang menyebutkan jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

"Pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih," bunyi PP 44/2009 Pasal 38 ayat 1a yang menjelaskan jalan tol khusus sepeda motor.

"Kalau diperintahkan sesuai PP 44 (Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009) kami akan persiapkan. Artinya toll khusus motor sebagai tambahan di samping yang mobil (seperti di Bali). Ya ada jalur khusus (untuk sepeda motor) sesuai PP 44/2009," kata Tito.



Ide CMNP ini disambut baik oleh Bamsoet. Melalui siaran persnya, Bamsoet mengapresiasi wacana CMNP selaku pengelola jalan tol untuk membuat jalur untuk motor.

"Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada CNMP selaku pengelola jalan tol yang tidak hanya mengejar keuntungan semata tapi juga ikut memberi solusi terhadap kesulitan mayoritas rakyat kita yang masih tinggal di rumah-rumah BTN pinggiran kota dan hanya memiliki moda transportasi roda dua atau motor untuk bisa pulang pergi dari rumah ke tempat kerjanya di kota dengan tingkat keselamatan yang tinggi di jalur khusus tol karena satu arah dan kepastian waktu, karena mudah diprediksi," ujar Bamsoet.

Rencana CMNP dipaparkan Tito dalam pertemuan di DPR, Kamis (7/2/2019). Rencananya, ada dua tol yang akan terdapat jalur untuk motor. Pertama, jalan tol dalam kota sepanjang 11 kilometer di kota Medan menyusuri Talud Sungai Deli dari Maimoon sampai ke Binjai yang akan dimulai pembangunannya pada Juni 2019 mendatang. Kedua, CMNP Group juga akan membuka tol baru dengan fasilitas jalur khusus kendaraan roda dua di Bandung sepanjang 14 km dari Pasir Koja ke Pasopati yang akan segera dimulai pada Maret 2019 tahun ini.




Tonton juga video 'NGOBS KUY Spesial! Motor Masuk Tol Featuring detikOto':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed