Jumat, 18 Jan 2019 12:05 WIB

Naik Motor Bisa Kurangi Stres

Rizki Pratama - detikOto
Naik motor. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Mengendarai mobil terutama di jalanan kota besar yang sangat padat dapat menimbulkan stres. Di sisi lain mengendarai sepeda motor justru memberikan efek sebaliknya. Pernyataan tersebut merupakan hasil studi dari sekelompok ilmuwan dari University of California Los Angeles (UCLA) Semel Institute untuk Neuroscience dan Human Behavior.

Studi yang didanai oleh Harley-Davidson ini menemukan beberapa fakta menarik tentang efek mengendarai motor. Penelitian ini juga menemukan peningkatan metrik fokus dan penurunan kadar kortisol, hormon yang merupakan tanda stres.


Para peneliti mengamati aktivitas elektrik otak partisipan, detak jantung, kadar adrenalin, noradrenalin, dan kortisol. Objek penelitan tersebut diukur sebelum, selama, dan setelah mengendarai sepeda motor. Sebagai pembanding, hal ini juga dilakukan pada saat mengendarai mobil.

Sesuai temuan penelitian, mengendarai sepeda motor selama 20 menit dapat meningkatkan denyut jantung sebesar 11 persen. Peningkatan ini sama dengan saat orang melakukan olahraga ringan atau setelah minum secangkir kopi.

Temuan yang paling menarik adalah bahwa mengendarai sepeda motor memiliki efek positif pada tingkat stres. Dari hasil penelitian, mengendarai motor dapat menurunkan biomarker hormon hingga 28 persen dibandingkan dengan kegiatan lainnya.


"Tingkat stres, terutama di kalangan orang dewasa muda terus meningkat dan orang-orang mencari cara untuk memperbaiki kesehatan mental dan fisik mereka. Sebelumnya belum ada teknologi untuk mengukur dampak kegiatan seperti bersepeda motor pada otak," kata ahli saraf terkemuka di balik penelitian ini, Don Vaughn dalam sebuah pernyataan.

Penelitian ini berjudul 'Efek mental dan fisik dari mengendarai sepeda motor' akan disajikan secara lengkap akhir tahun ini. Temuannya didasarkan pada pengukuran yang diambil dari 50 pengendara sepeda motor berpengalaman yang mengendarai sepeda motor mereka sendiri selama 22 menit. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com