Selasa, 08 Jan 2019 14:25 WIB

Motor Listrik Pertama Harley, Suara Dijanjikan Tetap Gahar

Luthfi Anshori, Ridwan Arifin - detikOto
Harley-Davidson LiveWire. Foto: Harley-Davidson Harley-Davidson LiveWire. Foto: Harley-Davidson
Las Vegas - Harley-Davidson resmi memperkenalkan spesifikasi motor listrik pertamanya di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019, di Las Vegas, Amerika Serikat, baru-baru ini.

Dinamakan LiveWire, motor listrik Harley-Davidson ini dirancang untuk menghadirkan tenaga listrik berkinerja tinggi, dengan desain evocative dan konektivitas seluler untuk pengendara saat ini.

Harley-Davidson LiveWire bisa berakselerasi 0-60 mph (96 km/jam) hanya dalam waktu 3,5 detik. Sayangnya moge ini punya desain clutch free, jadi tidak ada perpindahan transmisi/gear.



Moge ini sanggup menempuh jarak sekitar 110 mil atau setara 177 km di jalur perkotaan dalam sekali pengisian baterai. Pengisian bisa dilakukan di saluran listrik rumah tangga dan mendukung pengisian cepat (fast charging) level 3.

Peluncuran motor listrik ini pun dianggap menjadi capaian penting Harley-Davidson yang telah berada di industri otomotif selama kurang lebih 115 tahun.

"Kami berada di persimpangan bersejarah evolusi transportasi, dan Harley-Davidson berada di garis depan," kata CEO Harley-Davidson, Matt Levatich, dalam keterangan resminya.

"Inovasi yang menggerakkan tubuh dan jiwa selalu ada di merek kami, dan bab berikutnya dalam sejarah kami adalah tentang menciptakan produk dan peluang untuk pengendara yang sudah ada dan bercita-cita memenuhi kebutuhan segala usia dan lapisan masyarakat," pungkas Levatich.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Sepeda Motor Harley Davidson, Paul James mengatakan bahwa kapasitas baterai dan daya motor masih mengalami perubahan sebelum produksi, sehingga angka yang pasti belum bisa terungkap.



Memang spesifikasi sebelumnya pernah diungkap. Untuk baterai utama, Harley Livewire menggunakan sistem RESS atau Rechargeable Energy Storage System, yang merupakan baterai ion lithium.

Bila mengacu sepeda motor listrik yang mendekati adalah Zero SR, yang menawarkan jangkauan kota/jalan raya 120 mil (193 km) yang dibekali tenaga 14,4 Kwh. Namun Livewire sedikit lebih cepat dari Zero SR, untuk akselerasi 0-60 mph.

Karakter khas dari suaranya yang gahar dijanjikan Harley-Davidson tidak akan hilang pada Livewire.

Fitur lain yang terungkap pada Harley-Davidson Livewire adalah highly connected nature of the bike. Perusahaan ini mengembangkan serangkaian layanan yang disebut HD Connect. Dengan layanan tersebut memungkinkan pemilik motor untuk tetap terhubung meski dari jarak jauh yang dapat diakses melalui smartphone. Dengan fitur ini pemilk akan diberikan sinyal peringatan apabila motor dicuri, dirusak, atau terbentur.

Informasi yang ditampilkan juga termasuk pelacakan melalui GPS, stasiun pengisan baterai, status baterai dan waktu pengisian, navigasi perjalanan, dan juga diagnosa kendaraan.

Harley-Davidson LiveWire diperkirakan dibanderol dengan harga $ 29.799 atau setara Rp 418,7 juta untuk pasar Amerika Serikat. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed