ADVERTISEMENT
Rabu, 19 Des 2018 19:50 WIB

Cegah Pemalsuan Standar Keamanan, Helm Wajib Punya QR Code

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi Helm Foto: Pradita Utama Ilustrasi Helm Foto: Pradita Utama
Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia memiliki terobosan baru dalam hal memastikan keamanan pengendara. Helm sepeda motor di negeri jiran itu harus dilengkapi dengan QR Code untuk memastikan standar keamanannya.

Helm yang dijual mulai 2019 harus memiliki QR Code. Penggunaan QR Code akan memastikan helm itu asli dan memenuhi standar keselamatan Malaysia.



"Menggunakan aplikasi SIRIM QAS yang bisa diunduh via App Store dan Google Play, pengguna bisa mengetahui apakah helm itu memenuhi standar," kata Managing Director SIRIM QAS, badan stadarisasi Malaysia, Mohd Azanuddin Salleh dikutip Bernama.



Tak cuma QR Code, helm di sana ditempeli stiker yang berisi fitur keamanan lainnya seperti UV sensitive printing dan teks mikro. Fitur keamanan lainnya termasuk pola Guillouche untuk mencegah pemalsuan dan penggunaan bahan cetak berkualitas tinggi.

"Siapa pun yang mengimpor helm sepeda motor ke Malaysia, apakah untuk koleksi atau penjualan harus memastikan helm memenuhi persyaratan yang relevan," kata Dirjen Departemen Transportasi Jalan Raya Malaysia, Datuk Seri Shaharuddin.



Tonton juga video 'Cegah Pemalsuan Standar Keamanan, Helm Wajib Punya QR Code':



Cegah Pemalsuan Standar Keamanan, Helm Wajib Punya QR Code
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com