Ini Baru Namanya Motor Terbang, Pakai Mesin Jet Sungguhan

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 18 Des 2018 09:55 WIB
Motor terbang. Foto: Screenshot Youtube
Prancis - Melalui sebuah teaser video berdurasi lebih dari 1 menit, manufaktur asal Prancis, Lazareth, memamerkan proyek motor ambisiusnya. Disebut ambisius karena motor tersebut bisa dikendalikan di dua alam, daratan dan udara.

Seperti dilansir newatlas.com, motor canggih ini disebut sebagai Lazareth LMV 469 'La Moto Volante'. Ia memiliki 4 roda, dengan rincian 2 buah di depan dan 2 buah di belakang.


Lazareth LMV 469 'La Moto Volante' dibekali mesin jet buatan perusahaan asal Jerman, Jetcat. Perusahaan asal Jerman ini sebelumnya pernah memasok mesin jet untuk pesawat percobaan NASA, Skunk Works X-56A.

Yang menarik adalah proses pengoperasiannya. Ketika dipakai di darat, Lazareth LMV 469 akan tampak seperti sebuah motor biasa yang memiliki 4 buah roda.

Namun ketika motor ini berubah ke 'mode terbang', hal yang menakjubkan pun terjadi. Keempat ban akan bergerak keluar, lalu dari sela-sela pelek akan muncul exhaust mesin turbin jet yang mengeluarkan api. Sekilas, motor ini jadi mirip seperti drone.


Belum diketahui pasti apakah Lazareth benar-benar akan meluncurkan motor terbang ini sebagai produk massal. Namun di video tersebut, Lazareth memberi clue tanggal 31 Januari 2019 sebagai waktu launching motor ini.

Lazareth sendiri memang dikenal sebagai produsen motor yang gemar mencangkok mesin-mesin 'tidak lazim' ke sepeda motor buatannya. Sebelumnya, Lazareth diketahui pernah menggunakan mesin supercar Maserati bertenaga 470 dk untuk motor. (lua/dry)