ADVERTISEMENT
Minggu, 16 Des 2018 14:28 WIB

Modal Rp 50 Ribu Bisa Keliling Jakarta Naik Motor Listrik

Ruly Kurniawan - detikOto
Motor listrik Viar Q1. Foto: Viar Motor Indonesia Motor listrik Viar Q1. Foto: Viar Motor Indonesia
Jakarta - Walau pabrikan otomotif telah memperkenalkan kendaraan listrik, tak sedikit warga Indonesia yang masih ragu untuk gunakannya. Menjawab hal tersebut, Viar Motor Indonesia menghadirkan layanan terbaru supaya peminatnya dapat kencan seharian dahulu dengan motor listrik Viar Q1. Menariknya, biaya yang dikenakan cukup murah yakni Rp 50 ribuan saja.

Direktur Marketing Viar Motor Sutjipto Atmodjo memaparkan, layananan rental itu disebut Q-Rent. Motor yang ditawarkan adalah kendaraan listrik yang telah dilengkapi dengan 2 baterai sehingga jarak tempuhnya mencapai 110 km.


"Dengan 2 baterai, motor mampu menempuh hingga 110 km. Cara menyewanya juga cukup mudah hanya dengan memberikan data berupa foto KTP, SIM, foto diri berserta dengan identitas, dan isi formulir," katanya di Jakarta.

"Menariknya, motor ini praktis sebab penyewa tidak perlu lagi harus mengisi bensin ataupun memikirkan perawatan kendaraan. Kami juga memiliki layanan Viar Emergency Roadside Assistance (VERA) yang selalu siaga bila penyewa mengalami masalah dengan unitnya," jelas Sutjipto.

Namun layanan Q-Rent saat ini baru dapat dinikmati oleh Otolovers yang tinggal di Jakarta saja.

"Nanti kita akan buka di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, dan Bali," lanjut Sutjipto.

Viar Q1 merupakan motor listrik pertama di Indonesia yang sudah mendapatkan STNK. Jadi, kendaraan aman dibawa ke jalan raya.


Motor dibekali baterai jenis lithium ion dengan spesifikasi 60v20AH yang kecepatan maksimumnya adalah 60 km/jam. Baterai memiliki estimasi umur 600-800 siklus pengisian dengan kapasitas maksimum 2kWh.

Jarak tempuh Viar Q1 sendiri ialah 60 km (per satu baterai). Baterai lithium ion dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu 5 sampai 7 jam. Menariknya, motor bisa di charge di rumah karena kapasitas listrik minimum untuk mengisi daya baterai motor hanya 220 VA sedangkan standar listrik terkecil rumah tangga Indonesia adalah 450 VA.


Saksikan juga video ' Ini Buktinya Kalau Motor Listrik Bisa Dicetak dengan Printer 3D ':

[Gambas:Video 20detik]


Modal Rp 50 Ribu Bisa Keliling Jakarta Naik Motor Listrik
(ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com