Sabtu, 15 Des 2018 13:02 WIB

Masa Pakai Baterai Motor Listrik Tembus 3 Tahun

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Motor listrik Foto: Rifkianto Nugroho Ilustrasi Motor listrik Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Baterai merupakan salah satu komponen terpenting dari sepeda motor listrik. Namun seperti suku cadang yang memiliki masa pakai, baterai juga perlu diganti bila tidak lagi mumpuni.

Tapi berapa lama masa usia pakai baterai motor listrik atau kendaraan listrik? Corporate Manager PT Triangle Motorindo, Agen Pemegang merek (APM) Viar Motor, Deden Gunawan mengatakan bahwa baterai yang digunakan Viar Q1 adalah Lithium dengan masa usia pakai setidaknya mencapai tiga tahun.



"Setelah tahun ketiga biasanya kualitas baterai menurun," kata Deden.

Lebih lanjut, kata Deden, baterai yang digunakan Viar Q1 bisa dilakukan 800 cycle atau 800 kali pengisian. "Kan 800 cycle, kalo dari 0 ke full itu 1 cycle, kalo cuma setengah berarti setengah cycle. hitungannya seperti itu," ungkap Deden.

Bila daya baterai sudah mulai menurun, maka pengguna sepeda motor listrik sebaiknya menggantinya. Harga baterai sepeda motor listrik saat ini dibanderol Rp 5 juta.



Saat charging baterai ditinggal semalam pun tak jadi soal. "Di motor itu ada BMS, itu otaknya kalau udah penuh gapapa. Beda seperti teknologi sebelumnya, Jadi kalau kelewatan nggak akan kembung kaya handphone jaman dulu," ungkap Deden.

Namun ia menyarankan agar sepeda motor tidak terlalu sering terkena panas-panasan atau dijemur saat terik matahari. "Bisa berefek kepada baterainya meskipun tidak sampai meledak," ungkap Deden.


Simak video 'Buktinya Kalau Motor Listrik Bisa Dicetak dengan Printer 3D':

[Gambas:Video 20detik]

Masa Pakai Baterai Motor Listrik Tembus 3 Tahun
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed