Sabtu, 15 Des 2018 11:40 WIB

Wow! 35% Mekanik AHASS Honda Lulusan SMK

Dadan Kuswaraharja - detikOto
SMK Honda Foto: Dadan Kuswaraharja/detikOto SMK Honda Foto: Dadan Kuswaraharja/detikOto
Jakarta - Jumlah lulusan SMK yang bekerja di jaringan-jaringan bengkel resmi Honda atau AHASS cukup banyak. Porsinya mencapai sekitar 35 persen.

Hal tersebut disampaikan GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin saat ditanya detikOto di Tanjung Selor, Kalimantan.

Hal itu merupakan salah satu hasil dari pengembangan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor yang diajarkan kepada lebih dari 800 SMK di seluruh Indonesia. Agar lebih menghasilkan lulusan yang bisa langsung kerja, AHM terus menyempurnakan materi ajarnya.



"Tahun ini menyempurnakan kurikulum dengan memasukkan aspek wirausaha makanya muatan baru yang ada di sana mengantarkan siswa SMK bisa mandiri berwirausaha manajemen bengkel pemasaran marketing kita kasih muatannya," ujarnya.

AHM membuka kesempatan bagi SMK yang belum bekerja sama dengan AHM. Syaratnya menurut pria yang akrab disapa Muhib ini cukup mudah.

"Gampang syaratnya, sekolah itu memiliki kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), sudah punya infrastruktur laboratorium yang siap, misalnya ruangan sudah ada tapi alatnya belum siap nggak apa-apa," ujarnya.



Namun sayangnya tahun depan AHM mengurangi jumlah SMK hanya menjadi 10 dari dibanding 23 SMK tahun ini. AHM akan fokus pada penguatan internal SMK yang sudah mereka bina.

"Mulai dari gurunya distandarisasi harapannya mereka bsa masuk ke jaringan bisnis Astra lebih mudah karena kualifikasinya sama," ujarnya.

35 persen Mekanik AHASS Honda Lulusan SMK35 persen Mekanik AHASS Honda Lulusan SMK Foto: Dadan Kuswaraharja/detikOto


AHM pun memberikan kesempatan buat siswa untuk membangun bengkelnya sendiri dan menjadi wirausaha mandiri. "Kami sudah seleksi 50 calon, yang lolos seleksi 20 orang. Mereka kami beri pelatihan jadi bengkel dengan mentor yang khusus, kami minta report omzetnya berapa, apa yang terjual, kami pantau," ujarnya.

Dalam perjalanannya, memang ada kendala yang dihadapi lulusan SMK dalam berwirausaha bengkel. "Memang susah mengantar mereka untuk berwirausaha apalagi ini anak muda. Banyak problemnya, ada yang disuruh kuliah ama orang tua lah. Tahun depan kami akan rekrut lagi melalui program ini. Kami bantu pendanaannya dari internal AHM," ujarnya.

AHM pun memberi kesempatan lulusan SMK binaan terbaik mendapatkan beasiswa untuk sekolah lagi di Polman Astra.


Tonton video 'Honda Sumbang 2 Motor ke SMK Tanjung Selor untuk Dioprek':

[Gambas:Video 20detik]

Wow! 35% Mekanik AHASS Honda Lulusan SMK
(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com