Kamis, 13 Des 2018 14:15 WIB

Pemprov DKI Dukung Kendaraan Listrik karena Polusi Udara Parah

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan hibah 50 unit motor listrik dari Paiton Energy. Langkah ini dianggap tepat karena polusi emisi gas buang di Jakarta semakin mengkhawatirkan.

Asisten Deputi Gubernur Bidang Transportasi Setda DKI Sunardi Sinaga yang mewakili Gubernur Anies Baswedan yang berhalangan hadir menguraikan, langkah tersebut diambil guna memicu masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik.



"Ini lompatan besar, dengan menggunakan listrik ini merupakan lompatan besar yang harus kita dukung terus. Ini demi kebaikan masyarakat untuk saving energy dan mengurangi emisi gas buang. Kita tahu Jakarta beberapa waktu lalu tingkat pencemarannya terbesar, pernah nomor 1 di dunia," ungkap Sunardi kepada wartawan di Ragunan, Jakarta Selatan, (13/12/2018).

50 unit motor akan disebar ke tiga wilayah, yakni 20 unit di Kebun Binatang Ragunan, 20 unit di Monumen Nasional, dan 10 unit di Dinas Teknis Jatibaru.



Ia mengatakan pemilihan operasional kendaraan motor di tempat wisata seperti Kebun Binatang Ragunan dan Monumen Nasional bisa memicu ketertarikan pengunjung.

"Ragunan sama Monas jadi objek pertama dibikin, masyarakat bisa lihat. Ini akan terus berkembang, mungkin membuat masyarakat terus berminat untuk digunakan di jalan raya," ungkap Sunardi.

Lebih lanjut ia berharap agar kendaraan listrik yang berseliweran di Jakarta tak hanya motor, ke depan kendaraan roda empat bertenaga listrik mulai mengisi jalanan Ibu Kota.

"Kita harapkan dari sini berkembang bukan hanya sepeda motor, kita galakkan sampai ke mobil. Kalau ini terus secara continue dilakukan, penghematan energi juga di Indonesia akan semakin baik," kata Sunardi.



Simak video 'Ini Buktinya Kalau Motor Listrik Bisa Dicetak dengan Printer 3D':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed