Kamis, 13 Des 2018 10:31 WIB

Pemprov DKI Mulai Pakai Motor Listrik untuk Operasional

Ruly Kurniawan - detikOto
Motor listrik Viar Q1 untuk operasional Pemprov DKI Jakarta. Foto: Ridwan Arifin Motor listrik Viar Q1 untuk operasional Pemprov DKI Jakarta. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Dalam upaya mempercepat penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, Pemprov DKI mulai menggunakan motor listrik di beberapa titik. Yakni Monumen Nasional (Monas), Taman Margasatwa Ragunan, dan Dinas Teknis Jati Baru.

Ada 50 unit motor listrik Viar Q1 yang disebar. Sehingga menambah daftar daerah perkantoran dan wisata yang menggunakan motor listrik selain PT PLN (Persero).



Asisten Deputi Gubernur Bidang Transportasi Setda DKI Sunardi Sinaga memaparkan, langkah tersebut diambil guna memantik masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik.

"Ini adalah langkah awal yang besar bagi Indonesia dengan menyebarkan 50 motor listrik Viar Q1 ke Ragunan (20 unit), Monas (20 unit), dan Dinas Teknis Jatibaru (10 unit) untuk digunakan sebagai kendaraan operasional. Ke depan diharapkan orang-orang umum mulai tertarik menggunakan ini guna bumi yang lebih baik," ujarnya di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Kamis (13/12/2018).



Motor listrik tersebut dibawa oleh PT Paiton Energy sebagai program CSR-nya di DKI Jakarta. Disediakan pula dua stasiun pengisian listrik bertenaga surya dan 3 stasiun pengisian listrik.

"Di luar negeri itu sudah mulai pakai kendaraan listrik. Di Indonesia cenderung lama karena pelaksanaannya yang kurang seperti terbatasnya infrastruktur. Saya harap dengan hal ini, penggunaan kendaraan listrik dapat lebih berkembang," kata Sunardi.

"Ini menarik sih tadi sudah sempat saya coba," tutupnya.



Tonton video saat 'Jokowi Jajal Motor Listrik Gesits: Suara Halus, Nggak ada 'Greng-greng':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed