Selasa, 04 Des 2018 07:30 WIB

Motor Yamaha Rakitan Indonesia Sudah Dikirim ke 45 Negara

Ruly Kurniawan - detikOto
Yamaha Nmax rakitan Indonesia di Eropa. Foto: Dok. Yamaha Yamaha Nmax rakitan Indonesia di Eropa. Foto: Dok. Yamaha
Jakarta - Tidak hanya diminati warga Indonesia, motor rakitan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga kian laris di luar negeri. Bahkan kini terhitung sudah ada 1.5 juta motor Yamaha rakitan Indonesia yang tersebar ke 45 negara.

Sebelumnya PT YIMM secara khusus dipercaya oleh principal Yamaha Jepang untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Yamaha di pasar global.


Melalui kerja nyata anak bangsa, Yamaha Indonesia bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Group dan juga terbesar di Industri Sepeda Motor Indonesia.

"Pencapaian ekspor Yamaha Indonesia ini sangat membanggakan. Kami selalu berupaya untuk terus menjaga standar kualitas produk serta meningkatkan kegiatan ekspor untuk masa yang akan datang. Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global," ucap President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Minoru Morimoto di di Pabrik Global YIMM Pulo Gadung, Jakarta.

"Produk-produk Yamaha saat ini telah menjadi kebanggaan Indonesia yang mendunia" tambahnya.


Terkait target ekspor motor Yamaha di tahun 2018 sendiri diperkirakan mencapai 338.000 unit dan 5.300.000 CKD set atau naik 14,7 kali lipat dibanding dengan tahun 2014. Kandungan Lokal pada proses produksinya pun menjadi sebesar 94% dan komposisi produksi untuk ekspor sebesar 25% dari produksi.

Kinerja ekspor tersebut secara signifikan memberikan dampak positif bagi Ekonomi Indonesia dengan mencatatkan surplus perdagangan sebesar USD 813,6 juta atau setara Rp 11,8 triliun.

Sedangkan jajaran motor yang berkontribusi ialah XMAX, NMAX, LEXI, AEROX, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan beberapa model lain. Motor mengapal ke 45 negara di 5 benua seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis, dan negara-negara di Asia, Afrika serta Australia.


"Saya senang karena ekspor tinggi dan tentu disusul oleh investasi besar nantinya. Lalu lokal konten motor Yamaha juga sudah 93-94 persen, ini tinggi sekali loh. Ini yang kita cari," kata Presiden RI Joko Widodo pada kata sambutannya.

"Saya melihat Yamaha sudah jadi kawan lama sejak 1974, artinya sudah 44 tahun. Seperti ini harus diapresiasi. Saya baru berusia 13 tahun Yamaha sudah di Indonesia dan perkembangannya pesat," lanjutnya.


Simak video 'Jokowi Jajal Motor Listrik Gesits: Suara Halus, Nggak ada 'Greng-greng'':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed