Rabu, 28 Nov 2018 08:43 WIB

Menhub: Ibu-ibu Kalau Bawa Motor Itu Lebih Hati-hati

Ridwan Arifin - detikOto
Ibu-ibu Naik Motor. Foto: Dok. VixBec Ibu-ibu Naik Motor. Foto: Dok. VixBec
Jakarta - Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya menyatakan kekagumannya dengan semangat para driver ojek online wanita. Hal tersebut disampaikan saat menyapa ratusan ojek online yang sedang mengikuti safety driving mitra Gojek perempuan di Pasaraya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan detikOto, Budi Karya mengucapkan hal tersebut saat memberikan sambutan. Ia mengaku kaget dengan antusias para driver ojek online wanita yang menyempatkan diri mengikuti kegiatan tersebut.

"Ini yang seneng aku semangatnya, saya surprise ada ibu ibu yang semangat mencari nafkah dan satu sisi semangat datang untuk mencari bekal safety driving," ungkap Budi Karya.


"Kami sangat concern sekali dengan safety, jadi keamanan berkendara adalah suatu keharusan," tutur Budi.

Setelah memberikan sambutan, Budi sempat mengemukakan beberapa hal terkait safety driving.

"Dua hal yang kecil, mulai dari pakai helm dan mengatur kecepatan, artinya kecepatan harus di manage atau dipikirkan, jadi diatur apakah 30 km atau 50 km atau berapa, kemampuan kita mengendarai kan tertentu ya," ungkap Budi.

Setelah memberikan pernyataan, Budi juga sempat berbincang dengan para pengemudi ojol wanita. Yang bernama Yohana, mempertanyakan berapa kecepatan maksimal wanita ketika berkendara.

"Itu sebaiknya 30 sampai 40 km, itu lambat ya? tanya Budi."70," sahut gemuruh peserta.

Budi juga mengatakan ibu-ibu yang berprofesi driver ojol memliki kemampuan yang sama dengan bahkan lebih dengan para pria kuncinya harus lebih percaya diri.

"Persepsi kalau yang mengendalikan ibu-ibu kurang berani atau kurang cepat, begitu confident, saya percaya kalau ibu-ibu itu lebih berhati-hati," ungkap Budi yang diikuti tepuk tangan peserta.


"Saya pikir apa yang kita lakukan sekarang ini merupakan bagian dari mengkampanyekan bahwa ibu-ibu memiliki kemampuan yang sama dengan pria. Jadi, yang penting pertama kali adalah rasa percaya diri. Kalau kita percaya diri, kita akan bisa kendalikan motor kita dengan baik." kata Budi.

Pada kesempatan itu pula, Budi juga menyempatkan diri untuk berfoto dengan seluruh peserta yang mengikuti safety riding. Tak lupa, Budi mengingatkan untuk selalu utamakan keselamatan dalam berkendara. (riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed